ALAMAT CELL DALAM MICROSOFT EXCEL

Di dalam melakukan penghitungan sebuah data di microsoft excel perlu adanya pemahaman dan ketelitian terhadap Alamat Cell yang mau di uji atau di test. Karena kalo tidak bisa-bisa hasil yang kita harapkan tidak keluar sesuai harapan, padahal rumus atau fungsi operator matematika yang digunakan sudah benar.

Microsoft Excel membedakan Alamat Cell itu menjadi 3 (tiga) macam, yaitu:

A.   Alamat Cell Relatif.

Yaitu alamat cell yang jika disalin ke cell lain, maka rumus atau data yang ada di dalamnya akan menyesuaikan perpindahan kolom dan baris.

Contoh alamat cell relatif : A1

B.   Alamat Cell Absolut.

Artinya alamat cell yang terkunci (kunci kolom dan baris) dalam suatu cell tertentu sehingga jika menyalin suatu rumus yang menggunakan data dalam  cell tersebut akan tetap (dari cell tersebut atau tidak terpengaruh oleh perpindahan kolom dan baris).

Contoh alamat cell absolut : $A$1

C.    Alamat Cell Semi Absolut

Alamat cell semi absolut di bagi menjadi 2 yaitu, semi absolut kolom  dan  semi absolut baris.

Alamat Cell Semi Absolut Kolom yaitu suatu rumus yang apabila disalin ke kolom lain, maka tidak akan dipengaruhi oleh perubahan kolom itu tetapi jika disalin ke baris lain rumus itu akan mengikuti perubahan baris.

Contoh Alamat Cell Semi Absolut Kolom : $A1

Alamat Cell Semi Absolut Baris, rumus dengan menggunakan alamat ini apabila disalin ke baris lain maka tidak akan dipengaruhi perubahan baris itu, tetapi apabila disalin ke kolom yang lain, maka rumus tersebut akan mengikuti perubahan kolom.

Contoh Alamat Cell Semi Absolut Baris : A$1

Untuk lebih jelas lihat contoh penggunaan:

Data Alamat Cell


Bentuk rumus pada data di atas adalah

Rumus di Cell C8 :  =$C$3*$B8*C$7

Lihat hasilnya di bawah ini.

 aplikasi rumus alamat cell

 

Keterangan Rumus;

  • Data besar potongan (10%) hanya satu dan berada di cell yang satu (C3) maka ketika di copy atau ditarik tidak boleh berubah. Jadi harus di jadikan alamat cell Absolut (dikunci kolom dan baris)
  • Data Jumlah Beli hanya berada di kolom B baris ke 8 sampai 12, kalo di copy atau ditarik ke bawah data harus berubah tetapi kalo di copy ke kanan data tidak boleh berubah. So alamat itu dijadikan Semi Absolut Kolom (kolomnya saja yang dikunci)
  • Data Harga Satuan hanya berada di baris 7 kolom C sampai H, maka untuk daftar harga satuan apabila di copy ke kanan harus berubah sedang apabila di copy ke bawah tidak boleh berubah sehingga untuk data ini harus dikunci barisnya saja (Semi Absolut Baris).

Begitulah cara menggunakan macam macam alamat cell dalm lembar kerja microsoft exel yang cukup sederhana ini.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *