Cara Memberi Warna Cell Atau Font Otomatis Pada Excel

Pelajaran kursus microsoft excel kita kali ini adalah tentang bagaimana cara memberi warna Cell dan Font secara otomatis pada lembar kerja Excel. Karena nyatanya tidak semua orang semua tahu tentang kegunaan fitur Excel yang satu ini, Salah satu fitur yang dapat membuat warna secara otomatis baik untuk pemberian warna pada cell atau pun font huruf/angka serta tabel. Kegunaan fitur warna ini memiliki fungsi yang lumayan penting, bisa digunakan untuk menandai sebuah Cell atau Font sesuai kriteria yang diinginkan.

Fitur warna tersebut dikenal dengan nama Conditional Formatting, letak fitur ini terdapat pada Tab Toolbars. Untuk lebih jelasnya, mari kita terapkan fitur ini pada contoh kasus Daftar penilaian siswa pada excel berikut.

langkah ke 1 cara memberi warna otomatis cell dan font pada excel

Dari tabel data diatas pada kolom Nilai Huruf kita kan beri warna secara otomatis untuk kriteria huruf A dengan warna Biru. Maka caranya adalah blok kolom sel I7 sampai I16, lalu arahkan kursor ke tab toolbars Style pilih Conditional Formatting > Highlight Cells Rule > Text than Contains. Seperti tampilan berikut

Langkah ke 2 cara memberi warna otomatis cell dan font pada excel microsoft

Maka akan tampil jendela Text That Contains, pada Format Cells that Contains The text tuliskan huruf A, dan pada bagian with pilih custom format.

Langkah ke 3 cara memberi warna cell dan font secara otomatis pada lembar kerja excel

Maka akan tampil jendela Format Cells, lalu pilih bagian Fill dan piliha warna biru, Klik Ok.

Langkah ke 4 cara memebri warna cell dan font pada excel

Maka pada lembar kerja Excel pada bagian Nilai Huruf dengan kriteria Huruf A kolom sel-nya akan berganti warna biru.

Langkah ke 5 cara memberi warna cell dan font pada excel

Dan kita bisa lihat hasilnya, bahwa NIlai Huruf Kriteria A pada kolom sel-nya berwarna biru, selnajutnya untuk menandai Nilai Huruf B dengan warna Kuning dan Nilai Huruf C dengan warna merah bisa dilaukan dengan cara yang sama melalui Conditional Formatting > Highlight Cells Rule > Text than Contains. Hanya pada Forma Cells bagian Fill bisa memilih warna sesuai dengan kriteria nilai. Maka akan didapat hasil seperti berikut.

Contoh hasil pemberian warna otomatis font dan cell pada lembar kerja excel

Dengan adanya tanda warna tersebut, lebih memudahkan kita untuk mengetahui kriteria nilai huruf berdasarkan warna. Tentunya cara ini sangat mudah bukan? Tanpa mengikuti kursus komputer sekalipun, pasti bisa. Karena cara ini dilakukan tanpa rumus, hanya dengan beberapa kali klik dan pilihan, pemberian warna secara otomatis dapat dilakukan. Semoga Bermanfaaf.

15 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *