Cara Memecah Kolom Tempat Tanggal Lahir dengan Ms. Excel

Microsoft Excel, merupakan salah satu aplikasi yang biasa digunakan untuk menyimpan data. Dimana banyak sekali perusahaan besar maupun sekolahan memanfaatkan aplikasi ini untuk memasukkan data dari karyawan maupun siswanya.

Selain cukup mudah, aplikasi Microsoft Excel ini juga sangat ringan dan bisa digunakan diberbagai platform, sehingga memudahkan seseorang untuk menyimpan maupun membuka aplikasi tersebut nantinya.

Pada umumnya, dalam sebuah biodata pribadi pastinya kita akan menemukan sebuah data dimana tempat dan tanggal lahir ditulis dalam satu kolom. Sementara itu, untuk format import data biodata siswa dalam sebuah aplikasi EMIS maupun aplikasi lainnya, pasti untuk kolom tempat dan juga tanggal lahir diharuskan untuk dipisah.

Lalu jika ingin memecah kolom tempat lahir yang begitu banyak, apa mungkin dilakukan satu persatu jika itu menyangkut data siswa disekolah misal? Tentu kerepotan ya. Nah pada kesempatan kali ini kita ingin membantu anda dengan mengulas artikel tentang Cara Memecah Kolom Tempat Tanggal Lahir.

Nah tentu, dengan adanya Cara Memecah Kolom Tempat Tanggal Lahir ini, maka pekerjaan anda pun untuk memecah kolom tempat tanggal lahir akan semakin mudah, cepat, dan juga akurat. Pasalnya kita hanya perlu menambahkan sel saja lalu memasukkan sedikit rumus dan tinggal menggunakan auto fill saja nantinya.

Wah bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Baiklah langsung mari kita simak ulasan tentang Cara Memecah Kolom Tempat Tanggal Lahir secara mudah dibawah ini.

Cara Memecah Kolom Tempat Tanggal Lahir

Sebelum kita memulai praktek untuk Cara Memecah Kolom Tempat Tanggal Lahir ini, langkah pertama pastikan kalian sudah menyiapkan data yang akan kita butuhkan, yakni data seperti tempat dan tanggal lahir yang ada didalam ms. excel. Jika belum silahkan anda buat terlebih dahulu seperti dibawah ini.

 

Jika sudah selesai, Cara Memecah Kolom Tempat Tanggal Lahir selanjutnya silahkan anda ketikkan rumus berikut ini pada bagian sel B1.

=LEFT(A1,FIND(“,”,A1)-1) silahkan tarik rumus ini kebawah hingga sel B4.

Selanjutnya, silahkan anda ketikkan rumus berikut ini pada bagian sel C1. =MID(A1,FIND(“,”,A1)+2,20), dan tarik kebawah hingga sel C4.

Setelah itu akan muncul hasilnya seperti dibawah ini.

Penjelasan dari rumus Cara Memecah Kolom Tempat Tanggal Lahir diatas.

Perintah dari rumus

=LEFT(A1,FIND(“,”,A1)-1),

artinya adalah mengambil karakter dari kiri yang dimulai dari awal, dan nantinya diakhiri dengan karakter “,” (koma). Lalu -1 artinya adalah pengurangan satu karakter, yakni pengurangan koma itu sendiri. Jadi artinya, perintah tersebut adalah mengambil kalimat “Kediri,” lalu dikurang (koma) sehingga tinggal menyisakan “Kediri” saja.

Lalu perintah dari rumus

=MID(A1,FIND(“,”,A1)+2,20)

maksudnya adalah, mengambil karakter dari tengah yang dimulai dari “,” (koma). Sementara +2 atinya adalah mengurangi 2 karakter dari kiri, sementara angka 20 maksudnya adlaah pengambilan karakter dengan jumlah maksimal 20 karakter. Sehingga dalam perintah tersebut adalah mengambil “, 04 Maret 1997” lalu dikurangi 2 karakter sehingga menjadi “04 Maret 1997”.

Nah sudah paham kan maksud dari rumus yang kita tuliskan diatas tadi? sehingga dengan begini anda tidak hanya bisa mem Memecah Kolom Tempat Tanggal Lahir saja, namun juga paham maksud dari rumus yang dimasukkan tadi.

Mungkin cukup sekian dulu informasi dari kami tentang Cara Memecah Kolom Tempat Tanggal Lahir, semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk anda semua, selamat mencoba.