Cara Menggunakan Data Bars Pada Excel

Apa itu Data Bars? Data Bars adalah merupakan suatu tool yang terdapat pada Microsoft Excel yang digunakan untuk mengetahui nilai tertinggi dari suatu data dengan menggunakan symbol warna, tentunya Data Bars ini bukan merupakan rumus melainkan suatu fungsi yang telah disediakan oleh Microsoft Excel. Cara untuk membuat Data Bars pun sangat mudah. Lalu bagaimana cara menggunakan Data Bars pada Excel? Mari simak ulasan berikut.

Terlebih dahulu siapkan data pada lembar kerja Excel, Misalnya data nilai siswa seperti berikut.

langkah ke 1 Cara Menggunakan Data Bars Pada Excel

Dari data diatas, kita akan membuat Data Bars pada kolom Nilai Rata-Rata, carannya :

Blok data cell H7 sampai H16

Arahkan kursor pada Toolbars, pada Style pilih Conditional Formating > New Rule

langkah ke 2 Cara Menggunakan Data Bars Pada Excel

Maka akan tampil dialog New Formatting Rule, pada Select a Rule Type pilih Format all cells based on their values. Lalu pada Format Style pilih Data Bars.

langkah ke 2 Cara Menggunakan Data Bars Pada Excel

Maka kita bisa memodifikasi tampilan Data Bars sesuai keinginan, disini hanya memakai tampilan yang standar dengan pilihan warna biru, Klik OK. seperti tampilan berikut.

langkah ke 4 Cara Menggunakan Data Bars Pada Excel

Maka Anda akan mendapatkan tampilan yang berbeda pada bagian kolom Nilai Rata-Rata, yakni terdapat panjang warna yang disesuaikan dengan tinggi rendahnya nilai.

langkah ke 5 Cara Menggunakan Data Bars Pada Excel

Dari tampilan diatas bisa disimpulkan, bahwa nilai tertinggi adalah 90 dan nilai terendah adalah 67, dengan adanya Data Bars tersebut kita bisa mengetahui nilai tertinggi dan terendah secara otomatis, tanpa harus mencari secara manual karena hanya akan membuang-buang waktu saja, tentunya cara menggunakan Data Bars ini sangat mudah, Bukan?

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *