Cara Menghapus Data Ganda di Excel

 

Menghapus Data Ganda di Excel – Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang memiliki banyak manfaat dan banyak digunakan oleh banyak orang baik itu anak sekolahan, anak kuliahan, guru, atau pun pegawai kantoran. Karena memang excel bisa mempermudah pekerjaan mereka.

Selain itu, anda bisa memasukkan ribuan data dalam excel karena dalam micorossoft office excel yang terbaru yakni versi ms. Excel 2013 memiliki jumlah kolom sebanyak 16.384 dan mampu digunakan untuk input data hingga baris ke 1.048.576. Sehingga jika anda memiliki jutaan data, ms. Excel cocok anda pilih sebagai alat untuk menyimpan data anda yang bisa dimodifikasi atau dibuka ulang dengan mudah.

Mungkin saking banyaknya data yang anda masukkan dalam ms. excel, data tersebut ada yang double atau ganda. Jika data yang anda masukkan ganda maka kemungkinan data anda tidak valid. Dan untuk itu anda perlu menghapu data anda yang double itu. Untuk itu ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghapus data excel yang double / ganda.

Misal anda memiliki data dalam sebuah excel anda berupa nama-nama anggota komunitas lengkap beserta informasinya. Dan tanpa sengaja data yang anda masukkan tersebut ada yang double.

Menghapus data ganda

Kemudian untuk menghapus data yang sama tersebut, pertama pilihlah data anda untuk disortir. Dalam contoh ini data yang dipilih atau di blok adalah data mulai dari cell F2 sampai cell F8. Setelah data di blok kemudian pilih menu Data kemudian pilih dan klik Remove Duplicate. Kemudian akan muncul opsi seperti pada gambar di bawah ini, anda bisa memilih select all atau un select sesuaikan dengan kebutuhan anda. Kemudian klik OK.

Setelah proses tersebut selesai maka, data yang double secara otomatis akan terhapus dan excel akan menampilkan pemberitahuan berapa jumlah data anda yang double dan berapa jumlah data anda yang berbeda.

Menghapus data ganda 2.png

Mudah bukan caranya, anda bisa langsung mempraktekkannya pada data anda yang sudah terinput di excel, tujuannya bisa juga untuk mengecek apa data yang anda masukkan sudah benar atau masih ada yang keliru dari segi jumlah. Atau jika anda tidak mempunyai data, anda bisa mempraktekkan pada computer anda sesuai contoh pada gambar tersebut.

Informasi ini kemungkinan besar akan berguna bagi anda yang ikut kerja dalam sebuah survey di kecamatan atau BPS. Biasanya dalam survey tersebut akan berhubungan dengan banyak data, misalnya saja survey penduduk miskin secara otomatis anda akan disajikan form excel dengan format tertentu kemudian akan survey di suatu desa atau kecamatan, kemudian anda akan memasukkan data hasil survey anda dalam ms. Excel.

Karena kita tidak tahu, perpindahan orang-orang, mungkin saja, data yang kita peroleh akan double atau ganda. Nah, dengan cara yang sudah disebutkan di atas anda bisa mengecek sendiri apakah data yang anda masukkan dapam ms. Excel tersebut sudah benar atau masih ada double. Karena bagaimana pun kevalidan dan kebenaran data sangatlah penting, karena jika data yang disajikan salah maka untuk seterusnya juga akan keliru mulai dari pembagian, pengelompokkan, bahkan sampai pengambilan keputusan.

Cara di atas juga akan berguna bagi anda yang bekerja di sekolah sebagai alat untuk mengecek kevalidan data nama-nama siswa baik saat pendaftaran, absensi kelas, ujian, atau yang lainnya. sekian saja informasi yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *