Cara Mengurutkan Data Berdasarkan Warna Di Excel

Pada kesempatan ini, saya akan mencoba membahas tentang pengurutan data berdasarkan warna, tujuan dari ini yakni untuk memudahkan para pekerja yang berhubungan dengan penggunaan Microsoft Excel untuk menganalisa data lebih cepat dan akurat.

Misalnya, diketahui dalam satu kantor terdiri dari beberapa pegawai dengan alamat yang berbeda-beda. Dari data alamat tersebut ditandai dengan warna masing-masing, seperti alamat Jakarta diwarnai kuning, Bandung diwarnai biru dan Yogyakarta diwarnai merah. Namun data alamat tersebut ditulis atau diketik secara acak. Nah, disinilah letak kegunaan Fitur Sort (pengurutan) berdasarkan warna, agar alamat yang telah diberi warna akan terurut secara rapih dan teratur. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkahnya.

1. Sebagai contoh terdapat data sebagai berikut.

Cara 1 Mengurutkan Data Berdasarkan Warna Di Excel2.    Untuk mengurutkan data diatas sesuai warnanya, kita blok terlebih dulu cell C2 sampai D9. Lalu arahkan kursor ke Tab Data dan pilih Sort.

Cara 2 Mengurutkan Data Berdasarkan Warna Di Excel3.    Maka tampil dialog Sort, pada bagian Sort by pilih “Nama”, pada bagian Sort On pilih “Cell Color”,  bagian Order pilih warna “Merah”.

Cara 3 Mengurutkan Data Berdasarkan Warna Di Excel4.    Masih pada dialog Sort, klik bagian tab Copy Level, lalu kita ganti pada bagian Order dengan warna “biru”, lakukan hal yang sama, namun pada Order pilih warna “Kuning”, sehingga akan seperti pada tampilan berikut.

Cara 4 Mengurutkan Data Berdasarkan Warna Di Excel5.    Klik Ok, maka kita bisa lihat hasilnya sebagai berikut.

Cara 5 Mengurutkan Data Berdasarkan Warna Di ExcelIya, dari hasil diatas kita bisa lihat, data akan terurut secara otomatis sesuai warnanya, jika sebelumnya data tersebut teracak, maka sekarang data tersebut sudah terurut. Hal ini sangat membantu para pekerja dalam menganalisa data, tidak perlu lagi menghitung satu persatu jumlah data yang dibutuhkan, cukup hanya dengan pengenalan warna akan mempercepat mengetahui jumlah data, seperti data Alamat Jakarta terdiri dari 3 orang pegawai.

Bayangkan jika data pegawai tersebut ratusan atau ribuan, bisa repot bukan? Maka dari itu, pembahsan ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menganalisa data lebih cepat dan akurat. Selamat mencoba…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *