Cara Merubah Format Npwp Menjadi Format Number Di Excel

Merubah Format NPWP Menjadi Format Number – NPWP merupakan singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak yang merupakan kartu yang harus dimiliki oleh penduduk di Indonesia yang memiliki penghasilan. NPWP berupa kartu jenisnya seperti kartu ATM, kartu ini berguna sebagai identitas pengenal diri sebagai wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya dan sebagai sarana administrasi perpajakan.

Dalam pengetikan nomor NPWP ada lima belas digit angka yang dipisahkan oleh berbagai tanda baca. Setiap digit yang ada pada nomor NPWP tersebut mengandung kode tertentu dan memiliki arti serta maksud tersendiri. Contoh format nomor NPWP adalah X X . X X X . X X X . X – X X X . X X X dan contoh nomor NPWP adalah 09.254.294.3-407.000

Dari nomor NPWP tersebut dapat diketahui dua digit pertama merupakan identitas wajib pajak. Enam digit kedua dari nomor NPWP adalah nomor urut pendaftaran yang diberikan kantor pusat DJP kepada KPP. Sati digit berikutnya digunakan KPP sebagai pengaman agar tidak ada pemalsuan. Tiga digit keempat menunjukkan angka kode KPP. Sedangkan tiga digit terakhir adalah menjukkan status wajib pajak.

Namun di sini, saya tidak akan membahas apa itu pajak, bagaimana itu pajak dan hal lain tentang pajak, tetapi di sini saya akan menyampaikan informasi tentang bagaimana cara merubah format penulisan NPWP menjadi format number atau format angka pada ms. Excel. jika anda ingin mengetahui cara menghitung pajak silahkan menuju artikel kami yang lain yang berjudul Cara Menghitung Pajak PPh 21 Dengan Excel ataupun Tarif Pajak Penghasilan PPh 21 dan Contoh Perhitungannya

Untuk merubah angka yang memiliki format NPWP menjadi format Angka atau Number maka anda perlu menerapkan banyak rumus excel, yang terdiri dari kombinasi Fungsi left, Fungsi Mid, dan Fungsi Right.

merubah format npwp 1

Rumus Left dalam ms excel berguna untuk mengambil beberapa karakter text yang di cell ms excel beberapa karakter dan dimulai dari kiri.

Fungsi MID berguna untuk megambil beberapa karakter text dalam cell excel yang dimulai dari tengah dengan jumlah karakter tertentu.

Sedangkan rumus Right berguna untuk mengambil beberapa karakter dalam cell excel yang dimulai dari karakter paling kanan.

Nah, dalam penulisan angka atau nomor NPWP selain ada angka terdapat pula karakter lain seperti titik (.) dan tanda strip atau tanda penghubung (-). Nah untuk merubah format NPWP menjadi format angka atau number maka anda perlu menghilangkan karakter lain selain karakter angka, dalam artian menghilangkan tanda titik dan tanda stirp.

Karena excel hanya akan membaca cell tersebut sebagai format number jika karakter yang ada pada cell tersebut berupa angka saja, jika selain angka ada karakter lain seperti huruf, spasi, titik, strip atau karakter lain selain angka, maka ms. Excel akan membaca cell tersebut sebagai huruf.

Nah, langsung saja saya bagikan rumus untuk merubah format NPWP ke dalam format number rumusnya adalah sebagai berikut (untuk tanda koma, tidak semua computer menggunakan tanda koma, ada juga computer yang menggunakan tanda titik dua : atau ;  jadi sesuaikan dengan computer kamu ya rumusnya).

=LEFT(A1,2)&MID(A1,4,3)&MID(A1,8,3)&MID(A1,12,1)&MID(A1,14,3)&RIGHT(A1,3)

Dan Jika anda petugas yang mengentri nomor NPWP anda perlu memasukkan format berikut ini pada kolom anda, supaya waktu anda mengetik tidak kelamaan dan tidak menghabiskan waktu anda untuk memeriksa tanda titik atau strip sudah benar atau tidak. Dengan format ini sudah otomatis angka yang anda masukkan akan menyesuaikan.

00″.”000″.”000″.”0″-“000”.”000

Itu tadi yang bisa saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat buat anda semua, terima kasih.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *