Cara Merubah Huruf Besar Menjadi Kecil dan Sebaliknya pada Excel

Merubah Huruf Menjadi Besar Atau Kecil – Dalam tata bahasa Indonesia penulisan besar dan kecil sangat penting dan perlu diperhatikan. Seseorang yang memiliki manajemen letter yang baik akan sangat detil memperhatikan tulisan huruf capital atau huruf biasa.

Jika menulis dengan tangan anda akan dapat dengan mudah menghapus kemudian menggantinya, namun jika dalam computer dan data anda banyak maka perlu cara khusus agar pekerjaan anda segera selesai. Jika di word untuk merubah huruf capital atau biasa anda bisa langsung masuk ke menu Home kemudian klik cange case dan anda tinggal memilih model capital atau biasa sesuai kebutuhan anda. Sebelum melakukan itu tadi, anda perlu mem-block tulisan yang ingin anda rubah.

Lain halnya dengan merubah huruf besar atau kecil di excel, anda harus menggunakan rumus tertentu. Di mata kuliah informatika anda akan diajarkan hal ini, dan bagi anda yang belum tahu alangkah baiknya anda simak langkah-langkah berikut ini untuk merubah huruf menjadi besar atau menjadi kecil.

Yang perlu anda ingat bahwa dalam merubah huruf atau cange case di excel ada tiga rumus yang perlu anda ketahui dan bisa anda aplikasikan, yaitu:

merubah huruf besar menjadi kecil 2.png

  1. Lower : rumus atau fungsi ini berguna untuk merubah semua huruf capital yang ada pada teks menjadi huruf kecil semuanya.

Berikut contohnya : syifa, ana, sindi, sintia, reni, anjani

  1. Upper : fungsi ini berguna untuk merubah semua huruf kecil yang ada pada teks menjadi huruf besar (capital) semua.

Contoh : SYIFA, ANA, SINDI, SINTIA, RENI, ANJANI

  1. Proper : rumus ini berguna untuk merubah atau membuat huruf pertama pada kata menjadi huruf besar (capital) sedangkan huruf lainnya menjadi huruf kecil.

Contoh : Syifa, Ana, Sindi, Sintia, Reni, Anjani

Untuk mengetahui langkah-langkah merubah huruf besar menjadi kecil atau sebaliknya pada microsoft excel, baca sampai selesai artikel ini ya.

merubah huruf besar menjadi kecil

  1. Ketik data anda pada excel pada cell A1.
  2. Kemudian letakkan krusor pada cell B1, ketikkan rumus =proper(a1)
  3. Kemudian pilih range B1:B6 (pilihan ini disesuaikan dengan panjang data yang anda miliki). Lalu, pada Home Tab, editing group, klik Fill, lalu pilih down. Atau anda bisa meletakkan krusor anda pada cell B1 sampai muncul tanda +  yang tebal kemudian drug krusor sampai ke data paling akhir.
  4. Setelah itu, hasilnya akan meuncul seperti contoh pada gambar di bawah ini.
  5. Untuk menempatkan data yang sudah di Proper maka Copy (CTRL + C) cell yanga da di B1 hingga B6 kemudian letakkan krusor pada cell A1, kemudian tekan paste atau CTRL + V.
  6. Kemudian hapus data yang ada di kolom B karena sudah tidak digunakan lagi.

Itu merupakan cara yang digunakan untuk membuat huruf pada awal kata menjadi besar, jika anda ingin menerapkan yang lower dan upper maka caranya sama, anda hanya perlu mengganti rumusnya saja. Untuk lower rumusnya adalah =lower(a1) dan untuk upper rumusnya adalah =upper(a1).

Fungsi atau rumus ini akan sering digunakan pada saat anda akan membuat surat atau mail merge yang berkolaborasi dengan ms. Word. Setelah anda membaca artikel ini, anda bisa mempraktekkannya langsung pada data yang sudah anda miliki, atau anda mencontoh data di atas untuk praktik. Nah itu tadi informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat buat anda semua.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *