Fungsi Arabic Dalam Microsoft Excel Yang Perlu Kita Ketahui

Fungsi Arabic Dalam Microsoft Excel Yang Perlu Kita Ketahui – Micorsoft excel adalah sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang menjadi satu paket dalam Softaware Office yang berjenis berjenis Spreadsheet. Diawal pembuatnya, Microsoft Excel ini sebelumnya berjalan sendiri, tidak tergabung dalam Microsoft Office.

Namun karena memilki kesamaan dengan aplikasi lain seperti Word, dan Power point, akhirnya Excel tergabung dalam satu paket Microsoft Office. Dinamakan Microsoft Office karena memang didalam software ini terdapat satu paket lengkap aplikasi yang dibutuhkan untuk orang kantoran.

Microsoft Office merupakan sebuah aplikasi pengolah data yang bisa berjalan secara otomatis berupa perhitungan dasar, rumus, ataupun menggunakan fungsi.Pemakaian fungsi-fungsi ini dapat berupa pemakaian rumus yang memiliki tujuan untuk menghitung dalam bentuk rumus matematika ataupun non matematika.

Biasanya Microsoft Excel ini digunakan oleh mereka yang bekerja dalam bidang administrasi, dari yang sederhana hingga yang rumit sekalipun, Microsoft excel sangat membantu mengatasi masalah anda tersebut.

Pada permasalah sederhana, bisa digunakan untuk perencanaan kebutuhan suatu perusahaan, maupun perencanaa pengadaan barang. Sementara permasalahan yang rumit bisa digunakan untuk membuat laporan keuangan bulanan dari sebuah perusahaan.

Keunggulan Microsoft Excel ini adalah jenis lembar kerjanya berupa workbook yang terdiri dari berbagai work sheet atau lembar kerja yang jumlahnya sangat banyak. Sehingga anda bisa memanfaatkan Microsft Excel ini untuk menyimpan data karyawan yang jumlah ratusan hingga ribuan dengan sangat mudah dan juga rapi.

Nah pada kesempatan kali ini kita mau membahas salah satu fungsi yang dimiliki oleh software Microsoft Excel yang mungkin masih jarang orang ketahui atau bahkan digunakan. Fungsi tersebut bernama Fungsi Arabic.

Jika medengar namanya pasti anda sudah bisa paham mengenai kegunaan dari fungsi ini kan ? fungsi dari Arabic ini adalah mengembalikan sebuah angka Romawi untuk menjadi angka arab, ataupun sebaliknya.

Fungsi Arabic ini memiliki sintaks yang cukup sederhana, yakni ARABIC (text). Text disini sangat diperlukan untuk menghasil rumus tadi. Diperlukan tanda kutip di dalam nya atau referensi sel yang berisi teks tersebut.

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum menggunakan fungsi Arabic ini, diantaranya :

Jika teks yang anda masukkan tidak valid, maka nanti fungsi ARABIC ini secara otomatis mengembalikan nilai kesalahan #VALUE!

Jika anda menggunakan string kosong (“”), maka secara otomatis fungsi ini akan mengembalikan nilai menjadi 0

Untuk panjang argumen yang akan dihitung maksimal mencapai 255 karakter. Maka dari itu angka terbesar yang dapat dikembalikan nantinya adalah 255.000

Nah setelah anda memahami sedikit penjelasan tentang ketentuan untuk fungsi ARABIC ini, kita bisa mencobanya langsung pada Microsoft Excel.

Langkah pertama, silahkan anda membuat tabel pada Microsoft  Excel dan silahkan anda tulis angka sekalian seperi contoh dibawah ini :

arabic

Jika sudah, lalu pada setiap kolom, silahkan anda masukkan rumus berikut :=ARABIC(C4)

Letakkan rumus itu pada sel D, jika sudah silahkan tekan enter

Nah lakukan tahap selanjutnya dengan memasukkan kembali pada kolom bawahnya, jangan lupa untu k mengganti sel yang ada didalam kurung ya, karena itu menunjukkan sel mana yang akan ada rubah angkanya.

Jika sudah, maka anda bisa melihat hasilnya seperti contoh yang sudah kita kerjakan dibawah ini.

arabic 2

 

Baca juga mengenai Cara Membuat Konversi Kalender Masehi ke Hijriah di excel pada artikel lainya di rumuslengkap.com

sekian Fungsi Arabic Dalam Microsoft Excel yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat buat kita semua, jangan lupa di share dan di like. Terima Kasih

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *