Fungsi SUM pada Excel

Fungsi SUM dalam Rumus Excel kali ini adalah untuk melakukan proses aritmatika maupun trigonometri dalam Excel. Fungsi SUM pada excel merupakan fungsi yang paling dasar dan mudah untuk dipelajari oleh pengguna Microsoft Excel. fungsi ini digunakan untuk proses Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian. cara menggunakan fungsi ini adalah dengan menggunakan sintax SUM(number2,[number3],…)

Misalnya:

  • =SUM(A3,A4)
  • =SUM(B5,B6, 2)

Maksud dari sintaks diatas =SUM(A3,A4) adalah untuk mencari hasil penjumlahan dari Nilai A3 ditambah dengan Nilai A4 atau dengan kata lain maksudnya adalah A3 + A4. sedangkan pada rumus =SUM(B5,B6,2) adalah mencari hasil penjumlahan dari Nilai B5 ditambah dengan Nilai B6 ditambah dengan 2 atau dengan kata lain B5 + B6 + 2 .

Fungsi SUM pada Excel

pada contoh diatas untuk mencari penjumlahan adalah dengan rumus =SUM(C2,C3) yang artinya pada kolom C4 adalah menjumlahkan nilai yang ada pada di C2 (5) ditambah dengan nilai yang ada pada kolom C3 (6). maka hasilnya adalah 11. Untuk mencari Pengurangan maka rumus yang dipakai adalah =SUM(C2-C3) yang artinya pada kolom D4 adalah mengurangkan nilai yang ada pada di C2 (5) dikurangkan dengan nilai yang ada pada kolom C3 (6). maka hasilnya adalah -1.

Nah selanjutnya nilai E4 dan F4 adalah hasil dari pembagian dan perkalian , untuk mencari pembagian adalah dengan rumus =SUM(C2/C3) yang artinya pada kolom E4 adalah menjumlahkan nilai yang ada pada di C2 (5) dibagi dengan nilai yang ada pada kolom C3 (6). maka hasilnya adalah 0,8333 . Untuk mencari hasil Perkalian maka rumus yang dipakai adalah =SUM(C2*C3) yang artinya pada kolom F4 adalah mengalikan nilai yang ada pada di C2 (5) dikalikan dengan nilai yang ada pada kolom C3 (6). maka hasilnya adalah 30.

Namun pada prakteknya sering sekali ditemukan error seperti #Name? , jangan panik karena ini biasa terjadi karena rumus salah eja. silahkan cek lagi penulisan sintaks anda.

Sekian penjelasan rumuslengkap.com dalam pembelajaran Fungsi SUM untuk Excel pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua yang baru akan mempelajari Microsoft Excel.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *