Membuat Form Pengisian Tabel Data di Excel 2010

Kursus Microsoft Excel Online: Membuat form pada Excel 2010 sangatlah mudah, Form itu sendiri disediakan oleh Microsoft Excel untuk mempermudah editing atau koreksi data tersebut. Penggunaan form ini sangatlah membantu suatu pekerjaan terutama dalam hal pengisian data tabel.

Untuk menggunakan fungsi form ini terlebih dahulu kita mengaktifkan fungsi layanan ini pada Excel, yaitu dengan cara sebagai berikut.

1. Klik Tab File, pojok kiri atas dari layar PC atau laptop, pilih option.

2. Maka akan tampil Excel Option, pilih Quick Access Toolbar, kemudian pada bagian Choose Command Form pilih All Commands, lalu cari tulisan “Form”, setelah itu klik tombol Add.

Langkah pertama cara Membuat Form Pengisian Tabel Data di Excel 2010

3. Maka lambang Form aan terlihat pada baris judul Excel dipojok kiri atas.

Langkah kedua Membuat Form Pengisian Tabel Data di Excel 2010

Setelah fungsi Form diaktifkan, mari sekarang kita langsung menerapkan fungsi tersebut pada Excel dengan terlebih dahulu membuat tabel data sepeti berikut.

Langkah ketiga Membuat Form Pengisian Tabel Data di Excel 2010

Selanjutnya blok sel B3 sampai sel E3, kemudian klik tombol Form yang sudah diaktifkan tadi, maka akan tampil jendela Form seperti berikut.

Langkah keeempat Membuat Form Pengisian Tabel Data di Excel 2010

Kemudian pada bagian No, Nama, Jenis kelamin dan Almat isikan data sesuai keinginan. Setelah terisi semua selenjutnya klik tombol New.

Langkah ke 5 Membuat Form Pengisian Tabel Data di Excel 2010

Maka pada tabel data di lembar kerja Excel secara otomatis akan terisi data sesuai dengan data yang dimasukan pada jendela Form.

contoh Form Pengisian Tabel Data di Excel 2010

Kemudian untuk menambah data lainnya, kembali klik tombol Form, lalu pada Form masih terisi data sebelumnya, untuk membuat data baru, geser Scroll kebawah maka secara otomatis form akan kosong, dan isikan dengan data baru, kemudian klik New. Dan untuk mengisi tabel data yang masih kosong dapat melakukan hal yang sama dapa jendela Form.

Demikian ulasan singkat tentang penggunaan fungsi Form untuk membuat tabel data, dengan fungsi ini kita dapat mengedit dan mengoreksi data lebih cepat dan efisien. Semoga bermanfaat.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *