Membuat Fungsi FIND Pada Excel

Ada beberapa materi dasar excel yang biasanya banyak dijumpai pada kursus-kursus komputer program micrososft office baik oline ataupun offline adalah bagaimana cara membuat fungsi FIND pada Microsoft Excel. Meski begitu materi penting ini kadang juga bisa terlewatkan. Untuk itu dalam bebrapa kali post ini kita focus pada hal- hal yang berhubungan dengan rumus excel dasar.

Find menurut artinya berarti mencari atau Search, kemudian apa kegunaan fungsi Find ini pada Excel? Fungsi Find pada Excel berfungsi untuk melakukan pencarian sebuah text dan menunjukan posisi karakter text tersebut. Fungsi Find ini sangat sederhana dan mudah untuk diterapkan pada Microsoft Excel, namun kegunaannya sangat luar biasa, karena dengan fungsi Find ini pengguna excel tidak perlu susah-susah lagi mencari sebuah text atau jumlah text dari sebuah nama. Untuk lebih jelasnya kita simak ulasan berikut.

Misalkan di tuliskan text pada Excel “Belajar Microsoft Excel”, tulisan tersebut tanpat tanda kutip tempatkan di kolom sel B3 seperti pada tampilan berikut.

Langkah pertama cara Membuat Fungsi FIND Pada Excel

Dari tulisan tersebut, misalkan ingin mengetahui posisi karakter M ada di urutan berapa. Maka masukan rumus =FIND(“M”, B3) tempatkan di sel C3, maka hasilnya seperti berikut.

Langkah kedua cara Langkah pertama cara Membuat Fungsi FIND Pada Excel

Ternyata karakter M berada diposisi 9, mudah bukan? Kemudian contoh lain, misalnya kita ingin menempatkan atau mencari kata ‘Belajar” dari tulisan “Belajar Microsoft Excel”, maka masukan rumus  =LEFT(B3,FIND(” “,B3)-1) tempatkan di sel C3, hasilnya.

Langkah ketiga cara Langkah pertama cara Membuat Fungsi FIND Pada Excel

Ternyata tulisan kata Belajar berhasil pindah ke sel C3. Sebenarnya fungsi Find ini bisa dikolaborasikan dengan fungsi Left seperti pada tampilan diatas, kegunaannya adalah untuk memudahkan pencarian kata dari sebuah paragraf atau artikel, dengan fungsi kolaborasi Find dan Left pengerjaannya akan lebih mudah. Fungsi Find juga tentunya bisa digunakan untuk mencari suatu data yang ingin pengguna Excel kehendaki, misalnya mencari satu nama Siswa dari ribuan nama Siswa dengan fungsi Find ini nama siswa yang ingin dicari dapat ditemukan sekejap saja. Semoga Bermanfaat.

7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *