Membuat Fungsi Freeze Panes Pada Excel

Penggunaan fungsi Freeze Panes pada Excel ini sangat berguna untuk menjaga tampilan heading (baik kolom maupun baris) tetap pada posisinya ketika kita melakukan scrolling data ke bawah maupun kesamping.

Misalnya membuat judul “BELAJAR MICROSOFT EXCEL DENGAN MUDAH”, agar judul tersebut tidak ikut bergerak pada saat kita melakukan scroll maka lakukan langkah berikut :

Buat tulisan judul BELAJAR MICROSOFT EXCEL DENGAN MUDAH pada sel B1, agar judul tersebut tidak berada pada sel kolom lainnya, gunakan fungsi Marge & Center, caranya blok sel B1 sampai I1, lalu pada Toolbar pilih Marge & Center.

freeze panes pada excel 1

Selanjutnya untuk membuat judul tersebut agar tidak ikut bergerak saat di scroll, terlebih dahulu posisikan kursor pada sel B2, lalu pilih Tab View >> Freeze Panes >> Freeze Top Row.

freeze panes pada excel 2

Maka akan tampil garis hitam seperti tampilan berikut.

freeze panes pada excel 3

Kita bisa buktikan jika pada cel Row yang bertuliskan BELAJAR MICROSOFT EXCEL DENGAN MUDAH tidak bergerak, dengan gerakan scroll kebawah kita bisa lihat sel row 1 tetap pada tempatnya. Dan sel row 2 sampai seterusnya akan bergerak.

freeze panes pada excel 4

Kesimpulan, penggunaan Freeze Panes dapat membantu jika kita mengisi data yang banyak dengan referensi yang ditempatkan paling atas, maka referensi tersebut tidak akan bergerak. Dan itu akan sangat memudahkan dalam mengisi data yang banyak itu.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *