Membuat Jadwal Pekerjaan Dengan Excel

Tentunya kita sudah sangat tidak asing lagi dengan program jadwal kerja, dimana jadwal kerja dibuat sebagai panduan untuk membuat pekerjaan yang akan dilakukan menjadi lebih sistematis dan terkontrol, Microsoft Excel adalah salah satu program aplikasi kantoran yang sederhana untuk membuat program jadwal kerja tersebut, namun kadang-kadang kita belum bisa memanfaatkan secara optimal dari program aplikasi yang disediakan Ms. Excel ini. Berikut bagaimana cara membuat program jadwal kerja dengan menggunakan fasilitas “Conditonal Formatting” yang sering digunakan :

1. Buat Format seperti gambar berikut (dapat disesuaikan dengan kebutuhan)

Langkah 1 Membuat Jadwal Pekerjaan Dengan Excel2. Blok cell F3 sampai cell O8, Klik Icon “Conditional Formatting”, Pilih New Rule akan terlihat kotak dialog “New Formatting Rule”.

Langkah 2 Membuat Jadwal Pekerjaan Dengan Excel3.  Pada “Select a Rule Type”, Klik Use a formula to determine which cells to format dan pada bagian Format value where this formula is true, kita masukan rumus  berikut ini =AND(F$3>=$D3,F$3<=$E3)

Langkah 3 Membuat Jadwal Pekerjaan Dengan Excel4.  Klik tombol Format, pada tab Fill pilih warna yang diinginkan dan klik OK

Langkah 4 Membuat Jadwal Pekerjaan Dengan Excel5. Masukan angka rencana aktivitas pada kolom “mulai” dan kolom “selesai”, lihat hasilnya secara otomatis pada baris yang telah dimasukan akan di kolom F4:O8 berwarna sesuai angka yang dimasukan.

Langkah 5 Membuat Jadwal Pekerjaan Dengan ExcelDemikian cara membuat program jadwal kerja dengan bantuan excel, dimana program kerja dibuat sebagai panduan untuk membuat pekerjaan yang akan dilakukan menjadi lebih sistematis dan terkontrol. Sukses Selalu…

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *