Membuat Link Data Dengan Rumus Excel

Pada postingan yang lalu rumus lengkap memberikan tutorial tentang Membuat Link Data dengan Copy-Paste.

Di dalam excel cara untuk melakukan Link (menghubungkan data) ada beberapa cara. Kesempatan  kali ini adalah tutorial yang berhubungan dengan Link Data tetapi fasilitas yang digunakan yaitu dengan Rumus. Penggunan dengan rumus akan mempermudah kita dalam mengelola dokumen, karena fasilitas ini bisa digunakan untuk beberapa worksheet.

Langsung saja berikut langkah-langkahnya:

>> Buat data atau buka data utama yang akan di gabungkan

Misalnya data di bawah ini:

Cara 1 Link Data dengan rumusGambar di atas adalah data utama yang berisi Daftar Penjualan. Data itu berada pada Sheet 1. Dan akan di link-kan (digabungkan) dengan data yang ada di sheet 2 yang masih kosong.

Berikut datanya:

Cara 2 Link Data dengan rumusKita akan mengisi Data Rekap Penjualan  tiap Bulan sesuai dengan hasil pada data Daftar Penjualan di sheet 1.

Caranya adalah…..

>> Letakkan Kursor pada cell C7 (Bulan Juni), kemudian tulis rumus berikut:

>> =klik Sheet 1 dan klik cell Jumlah Total pada Bulan Juni, kemudian enter. >> Rumus akan nampak seperti ini =Sheet1!G7, selanjutnya lihat hasilnya.

>> Anda tinggal menarik ke bawah untuk mengisi cell-cell berikutnya.

>> Untuk Bulan Juli rumus yang muncul adalah =Sheet1!G21.

Data pada Sheet 1 (Daftar Penjualan) sudah terhubung dengan data pada Sheet 2 (Rekapitulasi Penjualan). Perubahan yang anda lakukan pada data utama secara otomatis akan merubah data yang kedua.

Agar lebih jelas lihat hasil penerapannya.

Cara 3 Link Data dengan rumusDemikian tutorial singkat mengenai pengaturan Link antar Sheet pada dokumen excel dengan menggunakan rumus. Semoga bermanfaat. Amiin.

Apakah Anda Puas dengan Postingan ini??.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *