Membuat Tombol Acak Dengan VBA di Excel

Sebelumnya dulu kita pernah membahas tentang fungsi acak di Microsoft Excel, namun dulu kita menggunakan rumus, tetapi sekarang akan mencoba membuat tombol acak dengan menggunakan bantuan fungsi Visual Basic of Application (VBA) di Excel. Bagaimana caranya? Mari ikuti langkahnya seperti berikut.

1. Siapkan data seperti berikut.

cara 1 membuat tombol acak pada excel2. Arahkan kursor ke Tab Developer >> Insert, pilih Command Button (ActiveX Control)

cara 2 membuat tombol acak pada excel3.  Posisikan button atau tombol sesuai kebutuhan, kemudian klik kanan pada tombol, pilih CommandButton Object >> Edit, maka edit tombol dengan nama Acak.

cara 3 membuat tombol acak pada excel4. Lalu, klik kanan lagi pada tombol pilih View Code, maka akan tampil halaman VBA, kemudian isi dengan rumus berikut.

Private Sub CommandButton1_Click()

Dim tempString As String, tempInteger As Integer, i As Integer, j As Integer

For i = 2 To 6

Cells(i, 3).Value = WorksheetFunction.RandBetween(0, 1000)

Next i

For i = 2 To 6

For j = i + 2 To 6

If Cells(j, 3).Value < Cells(i, 3).Value Then

tempString = Cells(i, 1).Value

Cells(i, 1).Value = Cells(j, 1).Value

Cells(j, 1).Value = tempString

 

tempInteger = Cells(i, 3).Value

Cells(i, 3).Value = Cells(j, 3).Value

Cells(j, 3).Value = tempInteger

End If

Next j

Next i

End Sub

 

Seperti tampilan berikut.

cara 4 membuat tombol acak pada excel5. Kemudian Simpan dengan nama TombolAcak.xlsm, setelah itu kembali lagi ke lembar kerja Excel, dan aktifkan tombol Acak dengan cara ke tab Developer >> klik Diesign Mode.

cara 5 membuat tombol acak pada excel6. Lalu, cobalah Anda klik tombol Acak, maka pada Cell C3 sampai Cell C6 akan terisi nomor.

cara 6 membuat tombol acak pada excel7. Coba Anda klik tombol Acak sekali lagi, apa yang terjadi? Iya, maka angka di cell C2 sampai cell C6 akan teracak secara otomatis, dan ini akan terjadi pengacakan secara terus menerus ketika Anda klik tombol Acak.

cara 7 membuat tombol acak pada excelHal ini bisa membantu Anda yang sedang bingung dalam mencari urutan data, dan sangat cocok dipakai oleh para ibu-ibu arisan, atau mencari kelompok kerja, dengan hal ini maka nomor yang keluar akan terasa sangat adil. Semoga bermanfaat.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *