Menggunakan Fungsi Subtotal Pada Excel

Pada Microsoft Excel terdapat berbagai macam fungsi, termasuk salah satu fungsi Subtotal ini. Subtotal disediakan oleh Microsoft Excel bertujuan untuk mengetahui jumlah total dari data penghitungan misalnya data penjualan, data penghitungan nilai dan lain sebagainya. Penggunaan Subtotal ini tentunya tidak menggunakan rumus, jadi penggunaannya pun lebih efisien dan cepat. Untuk mengetahui bagaimana cara kerjanya mari simak ulasan berikut.

Langkah pertama, siapkan terlebih dahulu data penjualan sebagai berikut.

funfsi subtotal dalam microsoft excel 1

Kemudian letakan kursor pada salah satu kolom misalnya kolom cell D10, lalu arahkan kursor ke bagian Tab Data > pada bagian outline pilih Subtotal.

Menggunakan Fungsi Subtotal Pada Excel 2

Maka akan tampil dialog Subtotal, pada bagian At each change in pilih (Column C), pada bagian Use Function pilih SUM, pada bagian add subtotal to centang penjualan, dan centang Summary below data, lalu Klik OK. seperti pada tampilan berikut.

Menggunakan Fungsi Subtotal Pada Excel 3

Maka secara otomatis pada tabel penjualan tersebut akan muncul Grand Total, yaitu berupa jumlah totak keseluruhan penjualan barang. Seperti tampilan berikut.

Menggunakan Fungsi Subtotal Pada Excel 4

Kita bisa lihat pada pojok kiri atas terdapat sebuah Summary dari subtotal, jika kita klik angka 1 maka tabel penjualan akan memunculkan data kosong.

Menggunakan Fungsi Subtotal Pada Excel 5

Tapi jika klik angka 2 maka tabel penjualan akan menampilkan data keseluruhan.

Hasil Menggunakan Fungsi Subtotal Pada Excel

Tentunya mudah bukan? Jadi bisa disimpulkan bahwa fungsi Subtotal ini dapat dipakai untuk menghitung jumlah data secara cepat dan efisien, tentunya tidak memakan waktu lama. Dan fungsi ini sangat bermanfaat untuk para pekerja di bagian administrasi, keuangan dan lain sebagainya.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *