Menampilkan Message Box pada Microsoft Excel

Menampilkan Message Box pada Excel.  Bagaimana cara menampilkan message box dengan Excel? Caranya sangat mudah, namun alangkah baiknya terlebih dahulu kita berkenalan dengan fungsi ini. Message Box merupakan sebuah fungsi yang terdapat pada Microsoft Excel, yang digunakan untuk menampilkan pesan kesalahan penginputan data, misalnya kita diperintahkan untuk mengisi data sebanyak 5 huruf, akan tetapi kita hanya memasukan 4 huruf, maka akan muncul sebuah peringatan untuk kembali mengisi data tersebut sesuia perintah. Untuk lebih jelasnya, mari kita praktekan pada Microsoft Excel, caranya pun cukup mudah. Yang pertama kita siapkan adalah lembar kerja Excel. Kemudian letakan kursor pada sel B3 dan beri warna untuk sekedar tanda saja. Seperti tampilan berikut.

langkah 1 cara menampilkan message box pada excel

Biarkan sel point berada pada sel B3, selanjutnya ke Tab Data > Data Validation > Data validation.

Langkah ke 2 cara menampilkan message box pada excel

Maka akan tampil jendela Data Validation, pada tab Setting bagian Allow pilih text length, kemudian pada bagian data pilih equal to, dan pada length ketikan 5, seperti berikut.

langkah ke 3 cara menampilkan message box pada excel

Selanjutnya klik tab Input Message, centang bagian Shom message input, lalu pada bagian Title tuliskan “Masukan Data” dan pada Input Message tuliskan “Harap Masukan Data Huruf atau Angka sebanyak 5 digit”, seperti tampilan berikut.

langkah ke 4 cara menampilkan message box pada excel

Selanjutya klik tab Error Alert, centang bagian Show error elert, lalu pada bagian Style pilih Stop, dan isikan Title dengan :Peringatan”, kemudian pada bagian Error Message ketikan “Data yang Anda Masukan Salah, Silahkan Masukan Data Yang Benar…!!!”, klik OK.

langkah ke 5 cara menampilkan message box pada excel

Maka akan tampil hasil seperti berikut.

langkah ke 6 cara menampilkan message box pada excel

Untuk membuktikan bahwa message box akan muncul, kita ketikan “123456” pada sel B3, maka, Apa yang akan terjadi?

langkah ke 7 cara menampilkan message box pada excel

Iya betul, akan tampil message box berupa peringatan seperti tampilan diatas, pada saat kita klik Retry, kemudian isikan “12345” pada sel B3, Apa yang terjadi?

hasil menampilkan message box pada microsoft excel

Maka message box tidak akn muncul, menandakan bahwa data yang dimasukan telah benar sesuai yang diperintahkan yaitu Harap masukan data sebanyak 5 digit. Jadi bisa disimpulkan, penggunaan message box ini sangat membantu jika kita membuat suatu data laporan jika terjadi kesalahan bisa cepat diperbaiki. Semoga bermanfaat

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *