Rumus dan Fungsi REPT Microsoft Excel

Kembali kita belajar lagi tentang rumus excel, setelah beberapa kesempatan kita rehat sejenak karena untuk mengetahui perangkat laptop terbaik dengan harga murah di pasaran saat ini supaya bisa mendukung hasil belajar rumus dan cara penggunaanya pada lembar kerja excel ini dan sekarang kita akan berbicara tentang rumus REPT.

Fungsi REPT atau fungsi repetition (pengulangan) dalam Excel akan membantu kita untuk mengulangi sebuah teks sebanyak yang kita butuhkan tanpa perlu mengetikkan teks yang sama berulang-ulang.

Sintaks untuk fungsi REPT ini adalah:

REPT (text, number_times)

Penjelasan untuk sintaks ini adalah:
• Text, mengacu pada teks yang ingin diulangi
• Number_times, mengacu pada jumlah atau berapa kali teks tersebut akan diulangi

Keterangan tambahan untuk penggunaan fungsi ini:
• Number_times harus menggunakan angka positif. Bila angka yang dipergunakan adalah angka 0 (nol),maka tidak ada hasil yang bisa ditampilkan. Bila angka yang dipergunakan adalah angka negatif, maka hasil yang ditampilkan adlaah #VALUE!
• Jumlah maksimum pengulangan adalah sebanyak 32.767 kali. Jika hasil pengulangannya melebihi angka itu maka hasil yang ditampilkan adalah #VALUE!

Pengantar rumus dan fungsi REPT dalam Excel

Berikut ini adalah beberapa contoh cara penggunaan fungsi REPT. Hal yang perlu diingat dalam pengggunaan fungsi ini adalah untuk selalu menggunakan tanda quote disekitar teks yang hendak diulang, contoh penulisannya:

=REPT(“_”, 15)

Penggunaan fungsi dan rumus diatas akan menampilkan hasil berupa pengulangan tanda garis bawah sebanyak 15 kali menjadi _______________

=REPT(“*_”, 5)

Penggunaan fungsi dan rumus diatas akan menampilkan hasil berupa pengulangan tanda bintang dan garis bawah sebanyak 5 kali menjadi *_*_*_*_*_

=REPT(“Anita” 3)

Penggunaan fungsi dan rumus diatas akan menampilkan hasil berupa pengulangan kata “Anita” sebanyak 3 kali menjadi Anita Anita Anita

Perhatikan cara penulisan rumus REPT dalam lembar kerja Excel berikut. Klik untuk memperbesar gambar!

cara penulisan rumus REPT dalm microsoft excel

Begitulah pengenalan rumus excel untuk fungsi REPT (Repitition) atau dalam bahasa kita adalah pengulangan kata, tanda, atau teks yang lain sesuai dengan kondisi yang kita inginkan. Hal ini akan sangat membatu dalam menghemat waktu dan tenaga ketika kita berhadapan dengan dokumen yang mengharuskan untuk mengulang bebrapa kata dan tanda didalamnnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *