Rumus Excel Membuat Fungsi Tombol Copy Paste

Blog sederhana yang berkeinginan menyajikan materi materi kursus microsoft spreadsheet ini menajak belajar cara membuat fungsi tombol Copy Paste data dengan Microsoft Excel, Apakah bisa? Tentu saja bisa, dengan menggunakan rumus VBA, kita bisa melakukan proses Copy dan Paste data pada excel dengan hanya menggunakan sebuah tombol. Lalu, bagaimana caranya? Mari ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Siapkan lembar kerja Excel, kemudian arahkan kursor ke Tab Developer, lalu pilih Insert sub menu, drag dan pilih Button.

langkah pertama membuta tombol kopy paste pada excel2. Kemudian akan muncul jendela seperti berikut, dan pilih tombol New seperti berikut.

langkah ke dua cara membuat tombol copy paste pada excel3. Maka akan tampil halaman VBA, dan kita tuliskan rumus dengan script berikut ini

Sub Button1_Click()

Range(“D3:D7”).Select

Range(“D3:D7”).Copy

End Sub

langkah ke tiga cara membuat tombol copy paste pada exel4. Selanjutnya kembali lagi ke lembar kerja Excel, ganti tombol Button1 dengan nama Copy.

langkah ke empat cara membuat tombol copy paste di excel5. Kemudian untuk membuat tombol Paste lakukan hal yang sama seperti pada langkah 1 dan 2, untuk mengisi pada halaman VBA ketikan rumor script seperti berikut.

Sub Button2_Click()

Range(“F3:F7”).PasteSpecial (xlPasteAll)

End Sub

langkah ke lima cara membuat tombol copy paste pada excel6. Selanjutnya kembali lagi ke lembar kerja Excel, ganti tombol Button2 dengan nama Paste.

langkah ke enam cara membuat tombol copy paste pada excelUntuk membuktikan data yang kita buat dapat di Copy dan di Paste, terlebih dahulu masukan data pada sel D3 sampai sel D7 seperti berikut.

langkah ke tujuh cara membuat tombol copy paste pada microsoft excelKemudian klik tombol Copy, setelah itu klik tombol Paste, Apa yang terjadi?

contoh hasil pembutan tombol copy paste pada excelInilah hasilnya, seperti pada tampilan diatas, data dari sel D3 sampai sel D7 dapat di copy dan paste ke sel F3 samapi F7. Mantab bukan?

Kesimpulan, Fungsi Copy Paste ini bisa digunakan untuk membantu Anda dalam membuat sebuah laporan data dengan format data yang harus sama, hal ini tentunya dapat menghemat waktu dan lebih efisien daripada harus melakukan copy paste dengan bantuan mouse atau keyboard. Semoga bermanfaat dan tentu masih jauh dari layak kalau tulisan ini ingin dianggap sebagi sebuah materi apalagi tutorial lengkap kursus excel. Bantu kami mewujudkan keinginan itu dengna menambahkan kelengkapan pada komentar.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *