Cara Membuat Fungsi Input Box Pada Excel

Jika berbicara tentang fungsi dan formula pada Microsoft Excel, memang sudah tidak bisa diragukan lagi kesaktiannya. Termasuk dengan fungsi input box ini yang memanfaatkan Excel VBA dengan penggunaan Command Button, yang jika dirincikan cara kerjanya yakni membuat sebuah fungsi Tombol pada Excel jika di klik maka akan tampil dialog input box yang mana dapat menginputkan data dan hasilnya akan tampil di lembar kerja Excel. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut ini.

 

Langkah pertama, seperti biasa siapkan terlebih dahulu lembar kerja Excel. Kemudian arahkan kursor ke Tab Developer >> Insert. Pilih Command Button (ActiveX Control).

Cara 1 Membuat Fungsi Input Box Pada ExcelSetelah dipilih, maka posisikan button atau tombol tersebut sesuai kebutuhan. Kemudian klik kanan pada button, lalu pilih “View Code”.

Cara 2 Membuat Fungsi Input Box Pada Excel

Maka akan tampil halaman Microsoft Visual for Applications (VBA), jangan lupa simpan dulu halaman tersebut dengan format Inputdata.xlsm.

Cara 3 Membuat Fungsi Input Box Pada ExcelKemudian letakan kursor dibawah kode “Private Sub CommandButton1_Click(), lalu masukan masukan kode berikut.

Private Sub CommandButton1_Click()

Dim myValue As Variant

myValue = InputBox(“Masukan Data Anda”)

Range(“E3”).Value = myValue

End Sub

 

Kemudian simpan halaman tersebut, lalu sekarang kita kembali lagi ke lembar kerja Excel. Untuk mengaktifkan tombol CommandButton1, terlebih dahulu kita arahkan kursor ke Tab Developer >> klik Design Mode.

Cara 4 Membuat Fungsi Input Box Pada ExcelMaka saatnya mengeksekusi tombol CommandButton1, klik maka akan tampil dialog Masukan Data Anda. Nah, disini kita coba masukan tulisan “Saya Senang Belajar Microsoft Excel” pada kotak text, klik OK.

Cara 5 Membuat Fungsi Input Box Pada ExcelMaka hasilnya akan seperti berikut.

Cara 6 Membuat Fungsi Input Box Pada ExcelBagaimana mudah bukan? Fungsi yang kita coba saat ini merupakan fungsi sederhana, namun dalam penggunaannya yang lebih luas, bisa dipakai untuk membuat sebuah aplikasi yang ditujukan untuk melakuakn inputa data secara efektif dan efisien, Hebat bukan? Semoga Bermanfaat.

9 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *