Cara Mengekstrak Nilai Tunggal dengan Fungsi DGET

Rumus Excel – Salah satu fungsi dalam kategori database adalah fungsi DGET. Dengan menggunakan fungsi ini, kita bisa menampilkan sebuah data yang terdapat dalam suatu kelompok data yang sesuai dengan kriteria tertentu yang ditulis. Secara lebih mendetail, fungsi DGET pada Microsoft Excel ini berguna untuk mengekstrak nilai tunggal yang terdapat pada kolom di suatu daftar database yang sesuai dengan kriteria yang telah kita tentukan. Bentuk rumusan fungsi ini adalah sebagai berikut:

=DGET(database, filed, criteria)

Ketika Anda menggunakan fungsi DGET dan ternyata tidak terdapat suatu rekaman yang sesuai dan cocok dengan kriteria yang telah dituliskan, DGET akan mengembalikan nilai kesalahan dengan memunculkan pesan #VALUE. Dan, ketika terdapat lebih dari satu rekaman yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan maka DGET akan mengembalikan pesan kesalahan dengan #NUM. Rentang sel yang digunakan untuk menentukan argument kriteria selama mencakup satu label kolom dan satu sel di bawah label kolom yang digunakan untuk menentukan kriteria.

Fungsi DGET merupakan fungsi yang hanya menampilkan data tunggal, memiliki keunikan, ataupun tidak ganda namun tetap sesuai dengan kriteria dan syarat yang telah ditentukan.

Salah satu contoh cara menentukan fungsi DGET adalah sebagai berikut:

 Fungsi DGET

Dari gambar di atas, kita bisa menggunakan fungsi DGET untuk mendapatkan nilai pesanan penjualan pada agen penjualan di bulan tertentu. Untuk bisa lebih memahami tentang penggunaan fungsi ini, Anda bisa memasukkan data table tersebut pada sel D1 hingga F13. Untuk E5 sebaiknya dibiarkan kosong karena di bagian sel ini Anda akan menempatkan fungsi DGET. Sedangkan untuk penamaan fields, pada tabel Anda yaitu sel D2 hingga F2. Bagian ini merupakan bagian dari argument kriteria yang akan digunakan pada fungsi ini.

Langkah-langkah untuk memilih kriteria adalah sebagai berikut:

Kali ini kita akan menemukan data untuk seorang penjual sehingga kita masukkan nama field SalesRep di baris 3.

Di bagian F3, Anda ketik kriteria Harry. Selanjutnya, pada sel E5 Anda bisa ketikkan judul #Orders ini untuk menunjukkan bahwa bagian tersebut akan digunakan untuk menemukan fungsi DGET.

Selanjutnya, Anda sorot pada sel D7 ke F13 dalam tabel untuk menemukan kisaran. Lalu, Anda klik pada kotak nama yang ada di atas kolom A. Kemudian, Anda bisa mengetikkan Salesdata ke dalam kotak nama lalu dilanjutkan dengan menekan tombol Enter pada keyboard. Hal ini menunjukkan bahwa Anda telah menyelesaikan entri data.

Anda bisa memanfaatkan kotak dialog untuk memasukkan data pada Function Argument. Selanjutnya tahapan untuk menampilkan fungsi DGET adalah:

Klik sel E5 yang merupakan lokasi fungsi DGET akan dimunculkan.

Lalu, klik tombol fungsi Wizard (fx) yang terdapat di bagian sebelah bar rumus fungsi.

Pada bagian Search, Anda ketikkan DGET lalu Anda klik tombol GO untuk mencari fungsinya. Pada kotak dialog harus bisa menunjukkan DGET dan daftar di Select di suatu jendela fungsi.  Lalu klik OK untuk membuka kotak dialog fungsi DGET.

Sedangkan untuk melengkapi argument,

Anda bisa klik pada bagian Database di kotak dialog. Masukkan SalesData di rentang nama yang ada di dalam baris. Pada baris Field, ketik #Orders. Dan klik pada baris Criteria. Kemudian, sorot di sel D2 ke F3 untuk menunjukkan kisaran, lalu klik OK untuk menutup kotak dialog. Anda akan melihat jawaban 217 di sel E5 yang menunjukkan nilai penjualan Harry di bulan ini. Dan, bila Anda klik sel E5, Anda akan melihat fungsi lengkapnya:

=DGET(Salesdata,”#Orders”,D2:F3) pada bar formula yang ada di bagian atas.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *