Membuat Statistik Database Golongan Pegawai dengan Excel

Anggap saja ini adalah pengganti mengikuti kursus microsoft excel dan materi kita kali ini adala cara membuat statistik Database Golongan Pegawai dengan Excel. Sebelum memulai percobaan rumus excel gabungan ini, Alangkah baiknya berkenalan terlebih dahulu dengan Fungsi Statistik Database. Menurut pengertiannya, bahwa fungsi ini antara lain digunakan untuk menghitung, menjumlah atau mencari nilai tertentu pada suatu database dengan menggunakan syarat-syarat atau kriteria tertentu.

Rumus fungsi Statistik Database itu terdiri dari fungsi DSUM, DCOUNT, DMAX, DMIN, DAVERAGE, SUMIF dan Fungsi COUNTIF. Diantara fungsi-fungsi tersebut sedianya telah di bahas beberapa waktu lalu, Nahh…Sekarang kita akan mencoba menggabungkan fungsi-fungsi tersebut untuk menentukan statistik data pegawai berdasarkan pada kriteria jenis golongan gaji yang diterima.

Mari kita coba praktekan, pertama yang harus disiapkan adalah membuat data pegawai menurut golongan dan gaji, serta membuat tabel statistik yang akan di tentukan berdasarkan kriteria golongan

excel funsi statistik database pegawai

Keterangan: B5:E15 adalah daerah database yaitu semua data termasuk judul. Dan E23:E24 adalah daerah kriteria atau syarat berupa golongan III.

Selanjutnya kita akan melakukan pengisian data pada sel E17 sampai dengan E21 dengan rumus berikut.

a.  RUMUS E17  : =DSUM(B5:E15,4,E23:E24)

b.  RUMUS E18  : =DCOUNT(B5:E15,4,E23:E24)

c.  RUMUS E19   : =DAVERAGE(B5:E15,4,E23:E24)

d.  RUMUS E20  : =DMIN(B5:E15,4,E23:E24)

e.  RUMUS E21  : =DMAX(B5:E15,4,E23:E24)

Dari rumus diatas didapatkan hasil sebagai berikut

contoh hasil funsi statistik database pegawai dengan excelData statistik gaji pegawai berdasarkan golongan III adalah berupa jumlah gaji sebesar Rp 9.500.00, jumlah pegawai sebanyak 3 orang, dengan memiliki rata-rata gaji sebesar Rp 3.166.667, berdasarkan golongan III gaji terendah sebesar Rp 3.000.000, dan gaji tertinggi sebesar Rp 3.300.000

Begitulah contoh penggunaan microsoft program excel untuk fungsi statistik database golongan pegawai. Kita explor kesaktiannya si excel ini agar bisa membantu pekerjaan kita sehari hari. Terlalu muluk muluk memang kalau tulisan sederhana begini ingin dianggap sebagai sebuah materi kursus online tentang menjalankan aplikasi microsoft excel, tapi setidaknya dengan blog sederhana ini bisa sedikit membantu pemakai program spreadsheet microsoft, semoga.

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *