Membuat Tombol Hapus Dengan VBA Di Excel

Dengan kesaktian yang dimiliki Microsoft Excel, kita bisa melakukan satu klik sata bisa menghapus seluruh isi lembar kerja Excel, kok bisa? Tentunya bisa, karena pada Excel telah tertanam rumus kode VBA yang dapat melakukan penghapusan data hanya dengan satu tombol hapus. Bagaimana caranya? Ingin tahu, mari ikuti langkahlangkah berikut.

 

Langkah pertama, tentunya siapkan terlebih dahulu data Excel seperti berikut.

Cara 1 membuat tombol hapus dengan VBASetelah data dibuat, selanjutnya arahkan kursor ke tab Developer >> Insert, pilih Command Button (ActiveX Control).

Cara 2 membuat tombol hapus dengan VBALalu posisikan tombol button tersebut sesuai kebutuhan, misalnya dibawah data tabel. Kemudia nganti nama tombol tersebut dengan nama “Hapus”, caranya klik kanan pada tombol, pilih Commandbutton Object >> Edit, hasilnya seperti berikut.

Cara 3 membuat tombol hapus dengan VBAJika edit nama sudah selesai, selanjutnya klik kanan lagi pada tombol lalu pilih View Code, maka akan tampil halaman Microsot Visual Basic for Application VBA, lalu masukan kode berikut.

 

Private Sub CommandButton1_Click()

Dim answer As Integer

answer = MsgBox(“Are you sure you want to empty the sheet?”, vbYesNo + vbQuestion, “Empty Sheet”)

If answer = vbYes Then

Cells.ClearContents

Else

‘do nothing

End If

End Sub

 

Seperti pada tampilan berikut.

Cara 4 membuat tombol hapus dengan VBAKemudian simpan halaman tersebut dengan nama Hapus.xlsm, setelah itu kembali lagi ke lembar kerja Excel, untuk mengaktifkan tombol Hapus, terlebih dulu ke tab Developer >> Klik Design Mode, lalu sekarang Anda coba klik tombol hapus, apa yang terjadi?

Cara 5 membuat tombol hapus dengan VBAIya, akan tampil dialog peringatat, jika Anda klik Yes maka isi dalam tabel akan terhapus semua, seperti berikut hasilnya.

Cara 6 membuat tombol hapus dengan VBAMudah bukan? Dengan adanya tombol hapus ini Anda cukup sekali klik bisa menghapus seluruh data yang tidak diperlukan, bagaimana, apakah Anda ingin mencobanya? Selamat mencoba…

7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *