Menghitung Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Dengan Excel

Mungkin agak jarang ditemui petunjuk mengerjakan hal hal umum keseharian dalam buku-buku tutorial bahkan dalam materi kurus microsoft excel sekalipun. Untuk itu tutorial bagamana cara menghitung Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa dengan excel adalah topik tutorial microsoft spreadsheet kita kali ini. Pada saat kita memasuki dunia pendidikan, tentunya kita berlomba-lomba ingin mendapatkan prestasi yang terbaik. Itu pun tidak mudah, namun bagi yang memiliki kemampuan lebih itu bukan hal yang sulit. Jika pada lembaga sekolah seperti SD, SMP, dan SMA, nilai prestasi ditunjukan oleh Ranking. Akan tetapi, berbeda halnya pada lembaga pendidikan seperti perkuliahan nilai prestasi dilihat dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

Pada pertemuan kali ini, akan membahas mengenai cara perhitungan IPK. Jika kita mengetahui cara peritungan IPK dengan Ms.Excel, itu akan sangat membantu dalam meraih prestasi yang mengagumkan atau Cum Laude, kita bisa menargetkan prestasi yang diinginkan. Namun dengan catatan “JANGAN MALAS UNTUK BELAJAR…!!!”.

Baik, kita langsung saja mempraktekannya, terlebih dahulu buat tabel data berupa Kode MK, Mata Kuliah, Nilai, Angka, Kode, Kredit SKS, Mutu, dan Keterangan serta Jumlah Total dan Indeks Prestasi Kumulatif. Data tersebut saya ambil dari sampel Mata Kuliah pada Fakultas Ilmu Komputer. Berikut data-datanya.

Tabel data Excel untuk menghitung IPKIsi data untuk Mata Kuliah, Nilai dan Kredit SKS seperti tampilan diatas, untuk Kode MK bisa dikosongkan. Kemudian kita ingin mengetahui Angka dari nilai hasil belajar yang diperoleh, pada sel E5 (Nilai) masukan rumus excel IF yaitu =IF(D5>=80,”A”,IF(D5>=70,”B”,IF(D5>=60,”C”,”D”))) hasilnya sebagai berikut.

rumus / formula IF untuk menghittung IPKAgar sel E6 sampai dengan sel E20 dapat terisi otomatis, kita bisa memakai Auto Fill.

hasil formula IF excel dan auto fill dalam perhitungan IPKSelanjutnya untuk mengisi data Kode, Mutu, dan keterangan kita memasukan rumus berikut :

  1. Rumus mengisi kolom Kode, =IF(E5=”A”,4,IF(E5=”B”,3,IF(E5=”C”,2,IF(E5=”D”,1,0))))
  2. Rumus mengisi kolom Mutu, =F5*G5
  3. Rumus mengisi kolom Keterangan, =IF(F5>=2,”LULUS”,”TIDAK LULUS”)

Catatan :  Untuk mengisi sel selanjutnya pada kolom Kode, Mutu dan Keterangan, kita bisa memanfaatkan fungsi Auto Fill, seperti yang dilakukan pada data Nilai.

Dari rumus pada bagian Kode, Mutu, dan Keterangan. Hasilnya akan seperti tampilan berikut.

rumus excel IF untuk menghitung IPKIni dia yang pastinya kita nantikan, jantung akan berdetak kencang, harap-harap cemas, jika berbicara dengan hasil prestasi, karena hasil ini bisa menentukan Masa Depan, (kata orang bijak) … Lalu berapakah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang akan didapat dari data yang telah dibuat? Memuaskan kah? Mari kita simak langkah selanjutnya.

Sebelum menghitung Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), terlebih dahulu menghitung jumlah Total untuk Kredit SKS dan Mutu, rumusnya sebagai berikut :

  1. Rumus menghitung jumlah total Kredit SKS, =SUM(G5:G20)
  2. Rumus menghitung jumlah total Mutu, =SUM(H5:H20)

Barulah sekarang bisa menghitung Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan rumus =H21/G21.

Tentunya mudah bukan, Mari kita lihat hasilnya sebagai berikut.

gabungan rumus SUM dan IF excel untuk menghitung IPK mahasiswaIndeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 2,93. dengan IPK sebesar itu mungkin buat Anda kurang memuaskan, disinilah letak manfaatnya jika kita mengetahui cara penghitungan IPK dengan bantuan Ms.excel, kita bisa menargetkan IPK yang diinginkan, Misalnya dari Data di atas kita ingin mendapatkan IPK lebih dari 3,00, kita bisa melakukan perbaikan nilai dengan mengikuti program Semester Pendek (SP) yang disediakan oleh Kampus, dengan mengambil 3 Mata kuliah yang bernilai C, seperti Kalkulus 1, Matematika diskrit, dan General English 3. Pada program kegiatan perbaikan nilai tersebut minimal kita harus bisa mendapatkan angka B jika ingin memperoleh IPK lebih dari 3,00.

Langsung saja, mari kita ubah angka C menjadi angka B untuk 3 Mata Kuliah yang telah diperbaiki, yaitu dengan mengubah data pada kolom nilai.

rumus excel ID dan hasil perhitungan IPK mahasiswaDari tampilan diatas jika 3 mata kuliah Kalkulus 1, Matematika diskrit, dan General English 3, masing-masing mendapat nilai angka B, maka Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang didapat sebesar 3,12. Perbaikan yang lumayan sangat memuaskan setelah mengikuti program Semester pendek (SP).

Kesimpulan, rencanakan prestasi Anda dengan belajar yang rajin, dan harus bisa memperoleh nilai minimal diatas 70 atau angka B untuk semua Mata Kuliah yang ditawarkan oleh Fakultas dimana Anda kuliah, agar Anda bisa mendapatkan nilai Cum Laude. Terpenting Jangan lupa untuk berdoa, agar dimudahkan segala urusannya. Aamiin.

5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *