Rumus Excel untuk Menghitung Gaji Pegawai

Materi pengnganti kursus microsoft excel kali ini adalah menghitung gaji pegawai berdasarkan jam kerja dengan rumus Excel. Meamang bisa? Mari kita lihat. Seperti yang sudah kita ketahui, formula atau rumus pada Excel itu sangat beragam. Aplikasi sakti ini mempunyai banyak manfaat dan kegunaan, salah satunya adalah digunakan untuk menghitung. Untuk Anda yang bekerja pada bagian keuangan atau administrasi kehadiran Microsoft Excel sangat membatu dalam menyelesaikan tugas Anda dengan cepat dan efisien.

Baik, pada pertemuan kali ini, akan mencoba membahas tentang penggunaan Excel yang berkaitan dengan menghitung. Apakah yang akan dihitung? Menghitung gaji pegawai yang bekerja pada suatu perusahaan atau usaha rumahan dengan upah kerja yang diterima berdasarkan jam kerja.

Misalnya : Rina adalah seorang bendahara keuangan yang tugasnya selain memanej keuangan, ia juga ditugaskan untuk menghitung gaji pegawai, pada perusahaan tempat Rina bekerja menerapkan sistem upah berdasarkan jam kerja, jika diketahui upah para karyawan per jam sebesar Rp 15.000. Berapakah jumlah gaji para pegawai yang harus di bayar?

Langkahnya, buat 2 buah tabel yaitu Data Pegawai dan Data Gaji Pegawai seperti berikut.

cara menghitung gaji dengan rumus excel 1Pada tabel Data Pegawai digunakan sebagai referensi data dari para pegawai, sedangkan pada tabel Data Gaji Pegawai digunakan sebagai penghitungan gaji para pegawai.

Mari kita eksekusi, pada tabel Data Gaji Pegawai bagian No Pegawai (sel E6) cara mengisinya kita gunakan fungsi Combo Box. isi dengan no pegawai secara acak (misal P02 ada di sel E6). Dan lakukan hal yang sama pada sel E7 sampai E11.

cara menghitung gaji pegawai menggunakan rumus excel 2Kemudian untuk mengisi Nama Pegawai (sel F6) masukan rumus berikut.

=IF(ISNA(VLOOKUP(E6,Data_Pegawai,2,FALSE)),”",VLOOKUP(E6,Data_Pegawai,2,FALSE))

Untuk mengisi seluruh Nama Pegawai kita gunakan fungsi Auto Fill, Hasilnya sebagai berikut.

memanfaatkan rumus excel untuk perhitungan gaji  3Selanjutnya isi pada kolom Jam (Masuk dan keluar) secara manual.

perhitungan gaji pegawai dengan rumus excel 4Untuk mengisi Lama Kerja (sel I6) gunakan rumus =(H6-G6)*24, agar sel I6 sampai sel I11 dapat terisi secara otomatis gunakan fungsi Auto Fill.

cara menghitung gaji dengan rumus excel Setelah Lama Kerja di dapat, maka selanjutnya mengisi Total bayar, dengan rumus berikut.

  1. Total Bayar (sel I6), =I6*F14
  2. Total Bayar (sel I6), =I7*F14
  3. Total Bayar (sel I6), =I8*F14
  4. Total Bayar (sel I6), =I9*F14
  5. Total Bayar (sel I6), =I10*F14
  6. Total Bayar (sel I6), =I11*F14

Keterangan : F14 adalah sel yang berisi nilai Upah yaitu sebesar Rp 15.000

contoh hasil perhitungan gaji menggunakan rumus excelMaka Rina harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar gaji para pegawai berdasarkan jam kerja pegawai sebesar yang terdapat pada Total Bayar.

Kesimpulan, menghitung gaji pegawai berdasarkan jam kerja pada excel tidaklah sulit, hanya dengan memasukan beberapa rumus excel kita dapat bekerja lebih cepat dan efisien dibanding menghitung dengan manual atau menggunakan kalkulator.

Semoga bermanfaat, dan tentunya kita jangan lupa untuk terus belajar, belajar, dan belajar mengikuti kursus online microsoft excel ini hehe.  tetap semangat untuk meraih tujuan yang ingin dicapai.

10 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy this password:

* Type or paste password here: