Mencari Letak Suatu Data dengan Fungsi MATCH

Rumus Excel – Microsoft Excel merupakan salah satu fitur Microsoft yang cukup rumit. Bentuknya yang seperti tabel ternyata tidak sesimpel gambar tabel yang ada di Microsoft Word. Ada begitu banyak fungsi atau rumus yang bisa diterapkan pada Excel. Tentunya, setiap fungsi tersebut memiliki rincian rumus dan tujuan penggunaan yang berbeda. Umumnya, Excel dimanfaatkan dalam pekerjaan yang mengharuskan perhitungan matematis atau berkaitan dengan pengolahan data.

Fungsi MATCH merupakan salah satu formula Excel yang digunakan untuk menemukan rentangan atau teks tertentu di dalam sebuah rangkaian data (array).  Namun, sebenarnya formula ini memiliki kegunaan lebih dari itu. pada dasarnya, fungsi MATCH memindai rentangan pada seluruh array yang telah ditentukan dan kemudian mengembalikan posisinya.

Rumus atau syntax fungsi MATCH adalah sebagai berikut:

=MATCH(lookup_value, lookup_array,[match_type])

Keterangan:

  • lookup_value: nilai yang ingin dicari pada lookup_array
  • lookup_array: range data ari suatu kolom ataupun baris
  • match_type: angka yang menunjukkan tipe pencocokan, dengan tiga pilihan nilai yaitu 1, 0 dan -1. Penjelasan lebih lanjut yaitu:

–        jika “match_type” memiliki nilai 1, maka fungsi MATCH akan menemukan nilai yang kurang dari atau sama dengan “lookup_array”. Hal ini hanya bisa diterapkan bila array (range) telah diurutkan secara ascending (dari kecil ke besar).

–        jika “match_type” memiliki nilai 0, maka fungsi MATCH akan menemukan nilai pertama yang sama dengan “lookup_array”. Dalam hal ini, urutan atau pemilahan array (range) tidak penting.

–        jika “match_type” memiliki nilai -1, maka fungsi MATCH akan menemukan nilai terkecil yang lebih besar atau sama dengan “lookup_array”. Hal ini hanya bisa diterapkan bila array (range) telah diurutkan secara descending (dari besar ke kecil)

Sebelum beralih ke contoh kasus, terlebih dahulu harus dipahami beberapa hal penting mengenai fungsi MATCH, di antaranya:

  • Fungsi MATCH merupakan case-sensitive dimana tidak dikenal perbedaan antara huruf besar dan kecil.
  • Jika “match_type” atau parameter ketiga dari fungsi dihilangkan, maka secara default fungsi tersebut akan menganggapnya memiliki nilai 1.
  • Jika rumus MATCH tidak dapat menemukan nilai yang cocok, maka hasilnya akan menjadi #N/A error.
  • Fungsi MATCH juga mendukung penggunaan wildcard operators, namun hanya dalam beberapa kasus perbandingan dimana “match_type”: 0.
  • Fungsi MATCH tidak mengembalikan rangkaian data yang cocok, tetapi hanya mengembalikan posisi relatif dari rangkaian tersebut.
  • Jika array tidak diurutkan secara ascending pada “match_type” 1, maka hasilnya #N/A error. Demikian juga #N/A error yang terjadi jika rentang sel tidak diurutkan secara descending pada “match_type” sama dengan -1.

Untuk lebih jelasnya, penggunaan fungsi MATCH dapat dilihat dalam penerapan berikut ini:

  • Buka Microsoft Excel
  • Susun tabel dengan rincian data seperti dibawah ini:
  • Fungsi Match
  • Ambil angka 3 sebagai contoh lookup_value dan menggunakan ketiga jenis match_type untuk melihat perbedaan hasilnya. Buatlah tabel baru dimana saja untuk menulis rumus agar dapat dilihat penggunaannya.

 Contoh Fungsi Match

Perhatikan hasil dari masing-masing match_type:

–        Tipe 1 atau sama dengan lebih kecil (<=) mengambil posisi cell dengan isi yang nilainya sama atau lebih kecil dari 3 dengan urutan nilai data ascending. Hasil yang diperoleh yaitu angka 3, sebab sesuai dengan cell yang berisi angka 3 juga.

–        Tipe 0 atau sama dengan cell yang berisi angka 3 (=) dengan posisi urutan ascending, menunjukkan hasil berupa peringatan error atau #N/A, sebab tidak terdapat angka 3 dalam rangkaian lookup_array (D3:D7)

–        Tipe -1 atau sama dengan lebih besar (=>) mengambil posisi cell berisi angka yang sama dan lebih besar dari 3 dengan urutan descending. Pada contoh tersebut angka yang sesuai match_type ini adalah angka 4 dan berada di posisi cell nomor 2 sehingga hasilnya berupa angka  2.

Jangan lupa baca juga Fungsi SUM pada excel untuk mengetahui fungsi aritmatika pada excel

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *