Cara Membuat Fungsi XIRR Pada Excel

Fungsi XIRR adalah salah satu fungsi yang dimiliki oleh Microsoft Excel yang berfungsi untuk mengembalikan tingkat pengambilan internal untuk aliran uang kas yang jadwalnya tidak berkala. Rumus ini merupakan kebalikan dari fungsi IRR yang digunakan untuk menghitung tingkat pengembalian internal aliran kas yang jadwalnya berkala.

Fungsi XIRR ini memiliki sintak yang harus anda pahami terlebih dahulu sebelum mencobanya,  yaitu :

XIRR(values, date, [guess])

Berikut penjelasan Rumuslengkap.com dari sintak yang dimiliki oleh fungsi XIRR :

Values : merupakan serangkaian aliran kas yang yang terkait dengan jadwal pembayaran yanmg sudah tertera pada tanggal sebelumnya. Untuk pembayaran pertamanya nanti bersifat opsional, dan terkait dengan biaya pembayaran yang terjadi pada awal investasi nantinya. Jika nilai  pertama merupakan biaya atau pembayaran, maka nilai tersebut harus ditulis negatif.  Dan untuk pembayaran selanjutnya akan mendapat diskon berdasarkan hitungan hari yang ada dalam satu tahun. Dan untuk rangkain nilainnya harus terdiri minimal 1 nilai positif dan juga satu nilai negatif.

Dates : merupakan jadwal atau tanggal dimana pemiliki melakukan pembayaran yang ada kaitaya dengan aliran kas. Untuk urutan tanggal disini tidak perlu sama, dan pastikan dalam memasukkan tanggal pada microsoft excel anda sudah menggantinya dengan format Date, karena jika menggunakan format teks maka kesalahan akan terjadi.

Guess : merupakan sebuah angka yang bisa anda perkirakan nilanya mendekati XIRR. Untuk guest ini bersifat opsional.

Microsoft excel ini dalam menghitung fungsi XIRR, secara otomatis program akan melakukan tehnik berulang. Sistem akan menggunakan tingkat yang berubah yang dimulai dari perkiraan terlebih dahulu. Fungsi XIRR ini akan mengulang penghitungan secara terus menerus hingga hasilnya akurat mencapai 0,000001 %.

Jika fungsi XIRR ini tidak bisa menemukan hasil dari studi kasus yang sedang alami setelah melakukan percobaan hingga 100 kali, maka nilai kesalahan #NUM! ini nantinya akan dikembalikan kebentuk semula.

Nah setelah mengetahui beberapa sintaknya, kini saatnya anda mencoba menerapakn rumus yang diguanakan pada fungsi XIRR ini. Sebelum anda mengisikan rumus XIRR ada baiknya anda membuat tabel terdahulu yang akan kita gunakan untuk menghitung nantinya.

Anda bisa membuat tabel seperti contoh dibawah ini :

Fungsi XIRR

Pada kolom A3 hingga A7 itu silahkan anda isi dengan angka pembayaran kas, perlu anda ingat harus ada minimal 1 bilangan negatif atau positif dalam setiap contoh kasus. Anda bisa mengisinya hingga lima kolom atau lebih, sesuai kebutuhan anda.

Lalu pada kolom B silahkan anda isikan dengan tanggal pembayaran depresiasi uang kas tersebut.  Anda bisa memasukkanya bebas.

Jika sudah selesai kini saatnya kita melakukan penghitungan, dengan cara memasukkan rumus XIRR seperti berikut : =XIRR(A3:A7, B3:B7, 1)

Fungsi XIRR pada Excel

Sebelum anda memasukkan rumus tersebut, sebaiknya anda gunakan dulu satu kolom yang akan kita gunakan untuk hasil penghitungan nantinya. Jika sudah, anda bisa memasukkan rumus diatas tadi.

Jika tahap yang anda lakukan sudah benar, maka rumus diatas akan langsung bisa menunjukkan hasilnya. Dan jika ada kesalahan, kemungkinan anda luap mengganti format tanggal menjadi ‘Date’. Karena jika anda menggunakan format text, maka rumus tersebut tidak akan bisa melakukan tugasnya dengan benar.

Demikian informasi dari kami tentang Fungsi XIRR pada excel, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang saat ini sedang bingung mencari informasi mengenai fungsi XIRR ini.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *