Cara Membuat Neraca Lajur dengan MS Excel dengan Mudah

Neraca lajur adalah sebuah program yang dibuat untuk memudahkan pelaku usaha dalam menyusun laporan keuangan. Dengan mengguankan neraca lajur ini selanjutnya bisa disusun sebuah laporan keuangan yang akan secara mudah memindahkan kolom yang ada didalam neraca lajur.

Nah pada kesempatan kali ini kita ingin membahas ulasan tentang cara membuat neraca lajur dengan MS Excel kepada semua. Anda bisa melihat contohnya dibawah ini dan kita akan mencoba menjelaskannya satu persatu.

Neraca Jalur

Cara Membuat Neraca Lajur dengan MS Excel

  1. Membuat tabel dengan beberapa kolom

Untuk Membuat Neraca Lajur dengan MS Excel yang pertama, kita diharuskan untuk membuat tabel dengan beberapa kolom terelbih dahulu. Jika melihat contoh soal diatas, maka kita membutuhkan sekitar 12 kolom yang terdiri dari nomor rekening, nama, neraca dengan sado debit kredit, jurnal penyesuaian dengan sisi debit kredit, neraca saldo sesudah penyesuaian dengan kolom debit kredit, laba rugi, dan juga neraca akhir. Sementara itu untuk jumlah kolomnya disesuaikan dengan kebutuhan saja nanti.

  1. Mengisi kolom dengan menggunakan rumus excel

#kolom kode rekening/akun

Untuk mempermudah anda dalam penyusunan neraca lajur ini, maka silahkan anda buat tabel yang isinya adlaah daftar akun yang sudah digunakan untuk menyusun laporan keuangan dalam perusahaan anda. contohnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini

kolom kode neraca jalur

Silahkan anda isi nomor dan juga nama akun, bebas sesuai dengan keinginan anda. Sementara itu untuk bagian kolom nomor akun, anda bisa membuat list nomor akun sehingga akan memudahkan user dalam memilih nomornya nanti. caranya: silahkan pilih menu Data >> data validation. Silahkan isi seperti gambar dibawah ini

neraca jalur 2

Pada bagian Allow: isi dengan list. Lalu untuk source isi dengan ambil data dari daftar akun yang sudah disiapkan tadi, =Akun!$A$2:$A$53. lalu pilih OK.

#Kolom Nama Rekening/akun

Dalam langkah Membuat Neraca Lajur dengan MS Excel Selanjutnya ialah isi bagian nama kolom rekening/akun. Kita tak perlu mengetik datanya satu-persatu, bisa menggunakan rumus excel seperti ini: =VLOOKUP(A6;Akun!A1:B52;2;FALSE). Selanjutnya silahkan salin rumus tersebut hingga kebawah

kolom nama

#Kolom neraca saldo

Untuk bagian kolom ini nantinya akan diisi dengan saldo rekening dari buku besar yang sudah tersedia. Untuk cara mengisi data saldo rekening adalah sebagai berikut:

Silahkan letakkan kursor dibagian paling atas neraca saldo pada kolom debit, lalu tulis rumus berikut ini: =IF(‘Neraca Saldo 2’!C2>0;VLOOKUP(‘Neraca Lajur’!A6;’Neraca Saldo 2′!$A$2:$C$53;3;FALSE);0).

kolom neraca

Penjelasan rumus: jika didalam kolom Debit pada bagian sheet Neraca Saldo memiliki nilai lebih besar dari nol alias positif, maka daa diambil dari tabel di sheet Neraca Saldo dengan menggunakan acuan/patokan sel A6 (kode akun) dari sel A2 sampai C53.

Lalu untuk mengisi kolom kredit, caranya sama dengan mengisi kolom debit tadi namun untuk data yang diambil adalah saldo pada sisi kredit di neraca saldo.

#kolom jurnal penyesuaian

Pada bagian Kolom ini, silahkan di-isi dengan transaksi-transaksi yang memerlukan penyesuaian, seperti contohnya biaya dibayar dimuka, pendapatan diterima dimuka, dan juga persediaan. Namun perlu di ingat, pada kolom jurnal penyesuaian ini, pada bagian jumlah sisi debit haruslah sama dengan jumlah pada bagian kredit.

 

#Kolom neraca Saldo setelah penyesuaian

Unutk bagian kolom ini nantinya akan berisi hasil penjumlahan yang asalnya dai neraca saldo yang ditambah maupun dikurangi jumlah pada bagian kolom penyesuaian. Sama halnya dengan kolom penyesiuain dan necara saldo tadi, untuk jumlah debit dan kredit haruslah sama.

Cata mengisi datanya, silahkan masukkan rumus berikut ini: =IF(OR(C6+E6-F6<0;D6<>0);0;C6+E6-F6) pada bagian kolom neraca saldo setelah penyesuaian.

kolom neraca saldo

#Kolom laba rugi

Untuk membuat neraca lajur dengan MS Excel selanjtunya ialah membuat kolom laba rugi. Kolom ini nantinya di-isi dengan data saldo debit dan kredit pada rekening pendapatan dan juga biaya. Untuk pengambilan datanya, silahkan gunakan rumus berikut ini:

=IFERROR(IF(LEFT(A23;1)>”3″;$G$6:$G$57;0);””)

kolom laba rugi

#Kolom neraca

Kolom ini nantinya akan di isi semua saldo rekening yang termasuk didalam elemen yang menyusun sebuah neraca tersebut, yakni aktiva, hutang dan modal. Sementara untuk pengisian datanya diambil dari neraca saldo setelah penyesuaian. Cara pengambilan datanya, silahkan anda masukkan rumus berikut ini: =IFERROR(IF(LEFT(A6;1)<“4″;$G$6:$G$57;0);””)

kolom neraca

Selesai

Nah itu tadi sedikit ulasan dari kamu tentang cara membuat neraca lajur dengan MS Excel, smeoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *