Cara Membuat Nota Penjualan Dengan Excel Lengkap dengan Contohnya

Nota penjualan merupakan sebuah dokumen yang mutlak yang dijadikan sebagai bukti fisik dalam sebuah transaksi jual beli barang disebuah toko. Dengan adanya nota penjualan ini, maka nantinya baik penjual maupun pembeli bisa dengan mudah untuk mengecek barang yang sedang mereka transaksikan saat itu.

Nah pada kesempatan kali ini, kita ingin berbagi informasi kepada anda tentang cara Membuat Nota Penjualan Dengan Rumus Excel. Jika selama ini banyak orang yang menilai jika aplikasi Microsoft Excel hanya digunakan untuk menyimpan sebuah data, mungkin itu tak sepenuhnya salah.

Namun lebih dari itu, Microsoft Excel ini memiliki kecanggihan lain dengan salah satunya bisa digunakan untuk Membuat Nota Penjualan tersebut. dengan begini, maka untuk anda yang memiliki sebuah toko yang dilengkapi dengan fasilitas komputer, maka bisa Membuat Nota Penjualan Dengan Excel ini sebagai salah satu alat bantu transaksi jual beli anda nantinya.

Untuk anda yang memiliki sebuah toko kecil, dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Excel ini bisa menjadi bantuan cerdas untuk anda, sehingga tak perlu membeli aplikasi Points of Sale (POS) kalu memang kebetulan tidak memiliki biaya untuk membeli aplikasi tersebut.

Dengan memanfaatkan microsoft excel ini, sudah cukup untuk membantu transaksi anda meskipun nanti konten didalamnya tak secantik aplikasi POS tersebut. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja mari kita simak bersama ulasan tentang cara membuat nota penjualan dengan Excel yang sudah kami rangkum secara ringkas untuk anda.

Cara Membuat Nota Penjualan Dengan Excel

Nah untuk membuat nota penjualan dengan Excel kali ini, sebelumnya silahkan anda buat terlebih dahulu tabel seperti yang tertera pada gambar dibawah ini, dimana ada Nama barang, banyaknya, harga, dan jumlah harga.

Setelah itu pada bagian nama baran silahkan anda masukkan nama barang yang ingin anda gunakan, untuk nama ini bebas ya tergantung minat anda apa, karena ini hanya sebagai contoh saja.

Lalu pada bagian sel banyakya barang, anda juga bebas ingin mengisi berapa jumlah yang ingin dihitung nanti, ini hanya kondisional saja.

Jika sudah selesai, selanjutnya pada sel C9 tepatnya pada bagian harga, silahkan anda masukkan harga satuan dari produk tersebut. jika sudah selesai, silahkan masukkan rumus berikut ini

=IFERROR(VLOOKUP(A9,’Data barang’!$B$4:$C$13,2,FALSE),””)

Setelah itu silahkan anda tarik kebawah dengan menggunakan autofill agar rumus tersebut juga berlaku untuk kolom yang ada dibawahnya.

Selanjutnya pada bagian kolom jumlah harga ini, disini isinya nanti adalah jumlah harga dari (harga satuan dikalikan dengan jumlah barang). Jadi silahkan anda masukkan rumus berikut ini

=IFERROR(B9*C9,””). lalu tekan enter.

Selanjutnya silahkan anda tarik kebawah agar nantinya bisa berlaku untuk kolom yang ada dibawahnya.

Lalu pada bagian sel D20 dimana itu merupakan totol belanjaan, silahkan anda masukkan rumus berikut ini =SUM(D9:D19),

lalu tekan enter. Maka dengan otomatis akan menjumlah semua totol belanjaan tadi.

 

Nah bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuat nota penjualan dengan Excel kali ini. Oh iya mungkin nanti jika ada jumlah barang yang lebih banyak, tentu akan ada beberapa perubahan dibagian rumusnya, jadi kalian nanti tinggal menggantinya dengan jumlah barang yang ada ya.

Mungkin cukup sekian dulu artikel dari kemi tentang cara membuat nota penjualan dengan Excel, semoga apa yang kita sampaikan kali ini bermanfaat dan bisa membantu anda. Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *