Fungsi CUMPRINC dalam Excel

Microsoft Excel sering dipergunakan untuk mencatat berbagai data keuangan dan fungsi CUMPRINC sering dipergunakan khususnya dalam dunia pinjam-meminjam. Fungsi ini adalah fungsi yang dipergunakan untuk menghitung jumlah pembayaran pokok dari sebuah pinjaman pada periode waktu tertentu.

Sintaks yang dipergunakan pada fungsi ini adalah:

CUMPRINC( rate, nper, pv, start_period, end_period, type )Fungsi CUMPRINC

Sintaks tersebut memiliki argumen-argumen sebagai berikut:

  • Rate. Rate adalah suku bunga untuk setiap period, dimana nilai rate wajib ada dalam fungsi ini
  • Nper. Nper adalah jumlah periode dimana pinjaman yang ada harus dibayarkan. Nilai dari nper ini wajib ada dalam fungsi ini
  • Pv. Pv adalah nilai dari pinjaman yang ada saat ini. Nilai ini juga wajib ada dalam fungsi ini
  • Start_period, yang mengacu pada periode pertama dalam perhitungan, yang dimulai dari nomor 1
  • End-period, yang mengacu pada periode akhir dalam perhitungan
  • Type. Type mengacu pada tipe pembayaran yang dilakukan, apakah dilakukan pada awal periode (dilambangkan dengan nilai 0) ataukah dilakukan pada akhir periode (dilambangkan dengan nilai 1).

Contoh Fungsi CUMPRINC dalam Excel

Untuk lebih memudahkan dalam memahami cara serta penggunaan fungsi CUMPRINC dalam Excel, berikut ini disajikan sebuah contoh sederhana yang mudah dimengerti.

Data yang dipergunakan dalam contoh ini adalah data sebuah pinjaman dengan total sebesar 50 juta rupiah yang memiliki periode selama tahun. Bunga yang berlaku untuk pinjaman ini adalah sebesar 5% per tahunnya dan pinjaman tersebut harus dibayarkan setiap akhir bulan selama periode 5 tahun tersebut.

Bila sintaks untuk fungsi ini dipergunakan untuk menghitung jumlah total pinjaman pokok yang harus dibayarkan pada tahun pertama, maka sintaks tersebut akan berupa:

=CUMPRINC( 5%/12, 60, 50000000, 1, 12, 0 )

Berdasarkan hasil sintaks tersebut, maka akan didapatkan hasil sebesar 9.027.760 untuk tahun pertama. Untuk menghitung jumlah pembayaran pada tahun-tahun berikutnya, maka data yang perlu diganti adalah nilai pada start_period dan juga end_period yang ada dalam sintaks dari fungsi CUMPRINC ini, dimana jumlahnya akan semakin meningkat setiap tahunnya. Itulah salah satu rumus excel yang sangat bagus dalma mengolah lembar kerja keuangan pada spreadsheets.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *