Fungsi Finansial Dengan Rumus PMT Pada Excel

Fungsi Finansial pada Microsoft Excel merupakan fungsi yang berkaitan dengan keuangan, akuntansi serta ekonomi. Fungsi Finansial Microsoft Excel ini berguna untuk menghitung dengan cepat data-data keuangan, sehingga pengerjaannya akan lebih mudah dan efisien.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, akan mencoba membahas fungsi finansial dengan rumus PMT, Apa itu PMT? PMT adalah formula untuk menghitung nilai angsuran secara periodik untuk melunasi nilai pinjaman berdasarkan periode, pembayaran yang konstan, dan dengan nilai bunga yang konstan juga. Rumus PMT ditulis dengan =PMT(rate,nper,pv)

Keterangan :

  • Rate          :  Besarnya suku bungan (dalam prosentase)
  • Nper         :  Lamanya waktu pinjaman
  • PV             :  Besarnya nilai pinjaman

Baik, kita langsung saja pada Contoh Kasus.

Misalnya : Ardi meminjam uang pada Bank sebesar Rp 50.000.000, dengan syarat jaminan BPKB motor, dalam jangka waktu selama 2 tahun atau 24 bulan. Berapakah angsuran yang harus dibayar Ardi? jika diketahui bunga pinjaman berdasarkan besar pinjaman sebagai berikut :

membuat fungsi finansial PMT excel

Dari Kasus diatas kita buatkan 2 buah worksheet pada Microsoft Excel seperti tampilan berikut.

1. Worksheet pertama, buat tabel data dengan judul Tabel Simulasi Pinjaman Uang, berupa besar pinjaman, jangka waktu/bulan, suku bunga, dan angsuran/bulan.

tabel simulasi pinjaman uang menggunakan excel2. Worksheet kedua, buat tabel data dengan judul Tabel Referensi Pinjaman, berupa Besar Pinjaman dan Bunga.

tabel referensi microsoft excel untuk pinjaman uaang

Selanjutnya mari kita selesaikan kasus Ardi…

Langkah pertama buka Worksheet kedua terlebih dahulu pada Tabel Referensi Pinjaman, blok sel B4 sampai B9, klik kanan pilih define name, isikan dengan nama Besar_Pinjaman. Klik OK

pengisian tabel referensi rumus PMT pada excelKemudian blok sel C4 sampai C9, klik kanan pilih define name, isikan dengan nama Bunga_Pinjaman. Klik OK

langakah menggunkan tabel referensi rumus pmt pada excelLangkah selanjutnya buka Worksheet pertama, pada Tabel Simulasi Pinjaman Uang kemudian isikan data Besar Pinjaman Rp 50.000.000, dengan memanfaatkan fungsi Combo Box, caranya letakan cursor pada sel C5, lalu pilih tab data, pilih data validation, klik data validation, maka akan tampil hasil berikut.

membuat rumus PMT excelPada Allow pilih List, dan pada Source ketikan =Besar_Pinjaman. Klik OK. Kemudian pada sel C5, kita pilih List Rp 50.000.000 seperti tampilan berikut.

tabel referensi microsoft excel untuk pinjaman uaangKemudian isikan Jangka Waktu/bulan secara manual dengan angka 24, untuk mengisi Suku Bunga dapat memanfaatkan fungsi Combo Box seperti pada Besar Pinjaman. Namun pada bagian Source isikan =Bunga_Pinjaman

Pilih Suku Bunga sebesar 15% sesuai dengan referensi Pinjaman. Maka hasilnya seperti berikut.

fungsi finansial rumus PMT 8Ini yang jadi pertanyaan, berapakah Angsuran Ardi yang harus dibayar per bulan? Mari kita lanjutkan lagi….. Untuk mengetahui besar Angsuran per bulan, letakan kursor pada sel C8, lalu ketikan rumus =PMT(C7/12,C6*12,C5) hasilnya adalah sebagai berikut.

fungsi finansial rumus PMT 9Terjawablah sudah, Bahwa angsuran yang harus dibayarkan Ardi kepada Bank adalah sebesar Rp 642.965 per bulan dalam jangka waktu 24 bulan.

Untuk lebih jelasnya lagi, Anda bisa mempraktekannya pada Microsoft Excel Anda, namun coba Anda ganti Besar Pinjaman dan Suku Bunga. Anda hanya tinggal memilih saja sesuai Tabel Referensi Pinjaman (Worksheet kedua), karena isian Besar Pinjaman dan Suku Bunga pada Tabel Simulasi Pinjaman Uang telah tersedia dalam fungsi Combo Box. Semoga Bermanfaat…

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *