Fungsi INTRATE dalam Excel

Dalam rumus Excel, ada beberapa fungsi yang dipergunakan untuk mengukur nilai investasi dan fungsi INTRATE adalah salah satu diantaranya. Fungsi yang satu ini berfungsi untuk mengkalkulasi suku bunga untuk sebuah investasi penuh.

Sintaks dari fungsi keuangan dengan rumus INTRATE ini adalah:

INTRATE( settlement, maturity, investment, redemption, [basis] )

Sedangkan argumen-argumen dari sintaks tersebut adalah sebagai berikut:

  • Settlement. Argumen yang wajib ada ini mengacu pada tanggal penetapan misalnya saja tanggal pembelian sebuah kupon.
  • Maturity. Argumen yang wajib ada ini mengacu pada tanggal jatuh tempo misalnya saja tanggal kadaluarsa dari sebuah kupon
  • Investment. Argumen ini juga wajib ada pada fungsi ini, dimana argumen ini mengacu pada besaran jumlah uang yang diinvestasikan pertama kali
  • Redemption. Argumen ini juga wajib ada pada fungsi ini, dimana Redemption mengacu pada besaran atau jumlah uang yang akan diterima pada saat jatuh tempo atau pada masa maturity.
  • Basis. Basis merupakan argumen opsional yang bisa tidak dimasukkan dalam fungsi ini. Basis mengacu pada tipe perhitungan hari yang dipergunakan dalam proses kalkulasi dan nilai yang mungkin dimasukkan dalam argumen ini adalah:

    0 atau tidak ada = US (NASD) 30 / 360

    1 = aktual / aktual

    2 = aktual /  360

    3 = aktual / 365

    4 = Eropa 30 / 360

Contoh Penggunaan Fungsi INTRATE pada ExcelFungsi INTRATE

Data berikut ini bisa dipergunakan sebagai sebuah contoh bagaimana cara mempergunakan fungsi INTRATE dalam Excel:

Bila tanggal penetapan jatuh pada tanggal 1 April 2010 dan tanggal jatuh temponya adalah tanggal 1 Maret 2015,  dimana nilai investasi awal adalah sebesar $1000 dan nilai redemption sebesar $2125 dan nilai basis yang dipergunakan adalah 0, maka data tersebut bisa dimasukkan dalam sintaks fungsi ini menjadi:

=INTRATE( DATE(2010,4,1), DATE(2015, 3,31), 1000, 2125)

Maka suku bunga untuk investasi tersebut adalah sebesar 22,5%.

Penggunaan fungsi INTRATE diatas menggunakan nilai basis 0 yang tidak perlu dimasukkan ke dalam sintaks, namun bila nilai basis yang dipergunakan berbeda, maka nilai tersebut wajib dimasukkan untuk bisa mendapatkan hasil yang akurat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *