Fungsi NPV untuk Menghitung Nilai Bersih Sebuah Investasi

Rumus Excel Lengkap – Fungsi NPV dalam Excel merupakan salah satu fungsi yang sering dipergunakan dalam dunia keuangan. Fungsi ini sendiri bermanfaat untuk mengkalkulasi atau menghitung nilai bersih dari sebuah investasi saat ini, berdasarkan pada diskon yang tersedia dan juga pada serangkaian pembayaran dan pemasukan dimasa yang akan datang. Nilai pembayaran pada fungsi ini dinyatakan dalam nilai negatif sementara nilai pemasukan dinyatakan dalam nilai positif.

Sintaks yang dipergunakan dalam fungsi ini adalah:

NPV(rate, value 1, [value 2], [value 3],……)

Argumen yang dipergunakan dalam sintaks tersebut adalah sebagai berikut:

  • Rate. Rate adalah nilai diskon pada satu periode
  • Value 1, value 2, value 3 dan seterusnya. Value merupakan nilai yang merepresentasikan pembayaran dan pemasukan. Nilai untuk value 1 wajib ada sementara value 2 dan seterusnya tidak wajib untuk dimasukkan. Nilai yang dimasukkan dalam masing-masing argumen value harus sesuai dengan transaksi yang terjadi yaitu bila pembayaran dinyatakan dalam nilai negatif dan pemasukan dinyatakan dalam nilai positif

Contoh Penggunaan Fungsi NPV dalam ExcelFungsi NPV

Contoh berikut ini menunjukkan cara kerja dari fungsi NPV dalam Excel. Data yang dipergunakan dalam contoh berikut adalah dimana nilai diskon atau suku bunga diskon setiap periodenya adalah 5% sementara nilai investasi awal adalah sebesar $10.000. Secara berturut-turut, hasil atau pemasukan yang didapatkan pada tahun ke 1 hingga tahun ke 5 adalah $2.000, $2.400, $2.900, $3.500 dan $4.100.

Nilai-nilai tersebut dimasukkan dalam sintaks fungsi ini menjadi

=NPV(5%, -10000, 2000, 2400, 2900, 3500, 4100) dan hasilnya adalah $2.678,68

Berdasarkan contoh diatas, nilai dari investasi awal sebesar $10.000 dinyatakan dalam nilai negatif karena nilai tersebut menyatakan pengeluaran, sementara nilai lainnya dinyatakan dalam nilai positif karena merupakan pemasukan.

Hal yang perlu menjadi perhatian adalah nilai yang dimasukkan dalam masing-masing argumen harus dalam bentuk angka. Bila terdapat nilai yang dimasukkan dalam argumen fungsi NPV ini yang menggunakan teks atau bentuk lainnya, maka nilai tersebut akan diabaikan dan tidak dimasukkan ke dalam proses perhitungan.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *