Fungsi PRICEMAT Dan Penggunaannya Pada Excel

Fungsi PRICEMAT Dan Penggunaannya Pada Excel – Pricemat merupakan salah satu formula yang ada pada Software Microsoft Excel yang biasa digunakan untuk menghitung harga sekuritas (surat berharga) per nilai dengan nominal 100 dari sebuaah surat berharga yang bunganya dibaaya pada saat waktu sekuritas tertentu.

Biasanya rumus seperti digunakan pada sebuah perusahaan besar yang memang urusannya dengan surat-surat berharga seperti saham dan lain lain. Dalam fungsi Pricemat ini memiliki sintaks berikut ini :

PRICEMAT(settlement, maturity, issue, rate, yld, [basis])

Berikut sedikit penjelasan dari sintaks yang ada pada fungsi Pricemat :

  • Settlement : adalah tanggal penylesaian sebuah sekuritas, dimana tanggal tersebut sudah ditentukan sebelumnya kepada konsumen batas akhirnya.
  • Maturity : adalah tanggal jatuh tempo untuk menyelesaikan semua sekuritas, maksud tanggal jatuh tempo disini adalah dimana sebuah sekuritas sudah kedaluwarsa.
  • Issue : adalah tanggal penerbitan dari sebuaj sekuritas tadi, biasanya digunakan sebagai nomor seri tanggal
  • Rate : adalah suku bunga dari tanggal penerbitan sebuah sekuritas tadi.
  • Yld : berperan sebagai laba tahunan yang nantinya diharapkan oleh pemilik sekuritas
  • Basis : digunakan untuk menghitung hari sekuritas itu mulai digunakan, untuk tabel ini optional saja.

Setelah semua sintaks yang ada di Pricemat anda pahami kini saatnya kita mencoba menerapkannnya pada lembar kerja Microsoft Excel. Kali ini ada sebuah studi kasus dimana ada sebuah sekuritas (surat berharga) yang memiliki tanggal penyelesaian 11 Oktober 2016 dengan tanggal jatuh tempo pada 15 Desember 2016, tanggal penerbitan dari sekuritas itu adalah 16 juli 2016.

Tingkat suku bunganya mencapai 7% dan untuk hasil keuntungan diharapkan bisa mencapai 8% dengan Basis Actual/365. Berdasarkan data tersebut maka dapat dihitung herga sekuritas per nilai 100 beserta bunga yang harus dibayar saat jatuh tempo tiba.

Untuk mengerjakan studi kasus tersebut kini saatnya kita membuat sebuah tabel kerja di Microsoft Excel seperti berikut ini :

Fungsi Rumus Pricemat

Keterangan :

  1. Untuk sel A4 silahkan anda isi ini tanggal penyelesaian sekuritas yang anda tentukan bersama konsumen tadi
  2. Lalu untuk sel A5 : silahkan anda tentukan jatuh tempo untuk menyelesaikan semua sekuritas, sebaiknya untuk jatuh tempo ini berikan jarak sekitar 1-2 bulan saja dari tenggal penyelesaian sebuah sekuritas
  3. Untuk sek A6 silahkan anda isi tanggal penerbitanĀ  dari sekuritas milik anda tadi.
  4. Lalu pada bagian Sel A7 bisa anda isi dengan suku bunga yang harus dibayarkan oleh konsumen kepada anda, besarnya bisa anda tentukan sendiri sesuai kebijakan
  5. Untuk sek A8 ini bisa anda isi dengan presentase laba yang telah dihasilkan oleh sekuritas anda tadi, pastikan besarnya laba bisa melebihi suku bunga yang anda tentukan tadi.
  6. Lalu untuk basic actual pada Sel A9 kita isikan nilai 3 saja.
  7. Setelah semua data sudah tersisi penuh, kini saatnya kita menghitung nilai dari sekuritas yang sudah kita tentukan tadi dengan menggunakan rumus Pricemat. Silahkan anda simak gambar dibawah ini :Rumus Pricemat
  8. Pada sel E4 silahkan anda masukan formula Pricemat berikut ini untuk mendapatkan nilai dari sebuah sekuritas : =PRICEMAT(A4,A5,A6,A7,A8,A9)
  9. Dan setelah itu anda tekan enter.
  10. Dan selesai

Nah itu tadi pembahasan dariĀ  kita tentang Fungsi PRICEMAT dan penggunaannya pada Excel, semoga artikel ini dapat membantu masalah anda yang sedang mencari cara kerja dari fungsi Pricemat di Microsoft Excel.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *