Fungsi RECEIVED Dan Penggunaannya Pada Excel

Fungsi RECEIVED Dan Penggunaannya Pada Excel -Fungsi Received adalah sebuah formula yang ada pada software Microsoft Excel yang sering digunakan untuk menghitung sebuah nilai yang bakal diterima dari nilai yang telah di investasikan dalam sebuah sekuritas (surat berharga) secara penuh nantinya.

Sehingga maksud dari fungsi Received ini  adalah sebuah laba yang anda dapat nanti dari sebuah sekuritas (surat berharga) yang telah anda berikan tadi.  Dalam fungsi Received ini memiliki formula seperti berikut ini :

RECEIVED(settlement, maturity, investment, discount, [basis])

Dari rumus fungsi Received diatas , jika anda masih bingung berikut penjelasanya :

  • Settlement : merupakan tanggal penyelesaian yang harus dipenuhi dalam sebuah sekuritas (surat berharga)
  • Maturity : adalah tanggal jatuh tempo dari sebuah sekuritas yang harus segera di selesaikan, biasanya untuk jatuh tempo ini hanya berlaku 1-2 bulan dari tanggal penyelesaian sebuah sekuritas
  • Invesment : merupakan sebuah nilai yang telah anda investaiskan kepada sebuah sekuritas (surat berharga) sebelumnya, untuk nilai ini bisa anda masukan sesuka hati
  • Discount : diskon adalah sebuah potongan atau laba yang akan anda dapatkan dari surat berharga tadi
  • Basis : adalah sebuah hitungan hari yang anda tentukan dalam satu tahun

Perlu anda ingat, pada bagian settlement dan juga maturity karena menggunakan sebuah tanggal, maka pastikan kolom yang anda gunakan untuk mengisi tabel tersebut formatnya diganti dengan ‘Date’ ya, agar tidak ada masalah nantinya.

Sedangkan untuk bagian “investment” silahkan anda ganti dengan menggunakan format ‘Currency’ yang melambangkan sebuah pecahan dari mata uang. Selanjutnya untuk diskon juga anda ganti dengan menggunakan format ‘Precentage’. Sedangkan untuk Basisanda bisa menggunakan general saja.

Semua itu dperlukan dalam penghitungan fungsi Received agar tidak terjadi error atau kesalahan pada Microsoft Excel saat melakukan penghitungan nantinya. Jika sudah faham semua kini kita langsung mulai saja cara menggunakan fungsi Received pada Microsoft Excel berikut ini :

Pertama yang harus anda lakukan silahkan buka aplikasi Microsoft Excel pada komputer anda,  selanjutnya silahkan anda buat tabel seperti gambar dibawah ini :

 Fungsi Rumus Received pada Excel

  1. Pada bagian sel A4 anda isikan tanggal yang menentukan sebagai tanggal peneyelesaian sebuah sekuritas, untuk formatnya jangan lupa untuk menggunakan ‘Date’ ya.  Contoh 10/11/2016 dibaca sebagai 11 Oktober 2016
  2. Lalu untuk Sel A5 silahkan anda isi dengan tanggal jatuh tempo pada sebuah sekuritas,  seperti yang kita katakan diawal untuk jatuh tempo kita tidak perlu waktu lama, bisa 1-2 bulan saja dari tanggal penyelesaian sekuritas.
  3. Lanjut pada sek A6 silahkan anda isikan nominal dari investasi yang anda inginkan, jangan lupa untuk mengganti formatnya pada ‘Currency’ ya agar fungsi Received bisa berjalan nantinya
  4. Lalu untuk selA7 silahkan anda masukan bunga ataupu persen dikon yang anda dapatkan dari investasi yang anda berikan tadi. Untuk selA7 ini silahkan ganti formatnya pad ‘Percentage’
  5. Lalu untuk sel A8 silahkan anda isi Basis bernilai 2 saja
  6. Jika semua kolom sudah selesai, silahkan anda buat kolom lagi dibagian sel E4
  7. Pada sel E4 silahkan masukan formula berikut ini : =RECEIVED(A4,A5,A6,A7,A8) Rumus Received pada Excel.jpg
  8. Jika sudah silahkan anda tekan enter
  9. Dan selesai

Anda sudah mendapatkan hasil dari investasi yang anda berikan tadi dengan menggunakan rumus Received pada program ecxel ini. Demikian informasi dari kami tentang Fungsi RECEIVED dan penggunaannya pada Excel, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *