Membuat Fungsi PivotTable Pada Laporan Pemesanan Makanan Dengan Excel

Pada waktu lalu, telah dibahas mengenai pembuatan laporan pemesanan makanan dengan fungsi Vlookup excel. Setelah laporan tersebut dibuat, tentunya Sang pemilik Restoran ingin mengetahui hasil pendapatan yang diperoleh dari usahanya tersebut pada bagian administrasi.

Banyaknya data pembeli, tidak mungkin kita harus menghitung satu persatu untuk mengetahui jumlah total pendapatan. Maka disinilah kegunaan fungsi PivotTabel pada program excel, meringkas data, menghitung total atau memberikan nilai rata-rata dari suatu data yang disimpan dalam satu tabel.

Mari kita simak ulasan berikut ini. Terdapat data laporan pemesanan makanan seperti berikut.

membuat fungsi PivotTable pada excel

Kemudian buka tab insert, lalu pilih PivotTable, klik bagian Pivottable, seperti tampilan berikut.

cara membuat pivotTable pada excel

Setelah klik pada bagian Pivottable, akan muncul form Create PivotTable. Kemudian pilih bagianĀ  Select a table or range, isi dengan mengetikan B5:F16 pada Table/range. Lalu klik OK.

cara mengisi PivotTable pada excel untuk laporan

Maka akan tampil Pivottable Field List, ini merupakan pilihan data apa saja yang nantinya akan di tampilkan pada lembar kerja, disini memilih data Nama Makanan dan Harga. Kemudian data Nama Makanan tempatkan pada Row Labels (Pojok kiri bawah) dan Harga pada Values (pojok kanan bawah).

cara memilih data pada PivotTable field list pada excel

Pada kolom values secara otomatis mengatur fungsi Sum, sehingga akan menghasilkan total pendapatan dari makanan yang dipesan selama 11 hari itu yaitu dari 31 desember 2013 sampai 10 januari 2014.

contoh hasil laporan keuangan menggunakan pivotTable pada excel

Kita bisa lihat hasilnya diatas, Jumlah total atau Grand Total adalah sebesar Rp 200.000, hasil ini sama akuratnya dengan penghitungan secara manual. Demikian ulasan mengenai fungsi PivotTable pada excel, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi Anda dalam membuat laporan keuangan.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *