Membuat Laporan Pemesanan Makanan Dengan Fungsi VLOOKUP Pada Excel

Dalam membuat suatu laporan kita kadang memasukan data yang akan dibuat laporan tersebut dilakukan secara manual baik menggunakan program Ms.Excel maupun Ms.Word. Hal tersebut hanya akan memakan waktu saja, Kini tidak usah khawatir lagi, dengan menggunakan fungsi Vlookup pada Ms.Excel kita dapat membuat laporan secara otomatis hanya dengan beberapa perintah saja.

Sebagai contoh, membuat suatu laporan pemesanan makanan tentunya setiap hari data pemesanan makanan tersebut akan terus bertambah. Kemudian pada tabel laporan Anda hanya perlu mengisikan data tanggal, nama pembeli serta kode makanan saja. Sementara data Nama Makanan dan Harga akan terisi secara otomatis. Pengisian data secara otomatis ini bisa dicapai dengan melihat tabel referensi pada tabel Referensi Menu Makanan dan tentunya laporan tersebut akan berjalan secara otomatis dengan menggunakan fungsi Vlookup.

Untuk lebih jelasnya. Mari kita mencobanya bersama dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1.  Terlebih dahulu membuat tabel Referensi Menu Makanan, lalu simpan dengan nama Rumus Excel Vlookup. Tampilannya sebagai berikut.

cara membuat laporan keuangan dengan vlookup excel

Pada lembar kerja tabel Referensi Menu Makanan di atas diberi nama Referensi. Seperti terlihat pada tampilan pojok kiri bawah dari layar PC atau Laptop Anda.

Kemudian blok sel B6 sampai sel D10, klik kanan pilih Define Name, isikan Makanan pada bagian Name, lalu klik OK. seperti tampilan berikut.

tabel referensi vlookup untuk laporan keuanganSetelah itu lihat gambar berikut

membuat table referensi vlookup

Tujuannya untuk memudahkan ketika nanti dibuatkan laporan, data pada lembar kerja Referensi ini bisa terbaca pada lembar kerja Laporan.

2. Selanjutnya membuat tabel Laporan Pemesanan Makanan. Tabel ini dibuat pada lembar kerja berikutnya atau berada disamping dari lembar kerja Referensi (Masih dalam satu dokumen Rumus Excel Vlookup)

laporan pemesanan makanan dengan vlookup excel3. Salnjutnya pada lembar kerja laporan, terlihat Nama Makanan dan Harga masih kosong, maka sekarang kita akan mengisinya secara otomatis dengan fungsi Vlookup. Ketikan rumus kode berikut pada sel E6.  =VLOOKUP(D6,Makanan,2,FALSE).

mengisi vlookup untuk laporan keuanganSetelah itu lihat hasil tabel diatas menjadi dibawah ini

hasil tabel vlookup laporan penjualanUntuk mengisi data pada sel selanjutnya yaitu sel E7 dan E8 dapat menggunakan Auto Fill

membuat laporan penjualan menggunakan auto fill vlookup excel4. Selanjutnya untuk mengisi sel F6 berupa Harga, caranya sama seperti pada mengisi nama makanan dengan menggunakan fungsi VLOOKUP, namun pada bagian col_index_num diisi dengan angka 3 agar sesuai dengan data harga pada referensi, rumusnya seperti ini =VLOOKUP(D6,Makanan,3,FALSE)

auto fill harga pada vlookup excel laporan penjualanMaka hasilnya sebagai berikut akan seperti dibawah ini.

mengisi auto fill untuk harga laporan penjualan pada vlookup excel

Untuk mengisi data pada sel selanjutnya yaitu sel F7 dan F8 dapat menggunakan Auto Fill excel

hasil auto fill untuk harga laporan keuangan penjualan menggunakan vlookup excelPada dasarnya kita selalu ingin dihadapkan pada sesuatu hasil yang serba instant, tujuannya agar lebih praktis, Maka rumus fungsi Vlookup untuk membuat laporan penjualan makanan ini bisa menjawabnya saat kita membutuhkan solusi yang cepat dalam menyelesaikan pekerjaan.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *