Menentukan Presentase Bunga Transaksi Kredit Rumah Dengan Excel

Pada kesempatan ini akan membahas tentang fungsi finansial pada excel, dengan menggunakan formula RATE untuk menghitung presentase bunga dari pembelian rumah secara kredit, kadang kita kesulitan dalam menentukan besar jumlah bunga dari angsuran barang atau suatu pembelian secara kredit yang dibayarkan pada periode tertentu. Maka dengan fungsi RATE ini semoga dapat membantu Anda dalam menentukan presentase bunga. Mari kita simak percobaan berikut.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat data, berupa  Harga rumah, periode kredit, dan angsuran per bulan.

fungsi rate pada excel untuk menentukan bunga kreditSelanjutnya akan menentukan jumlah bunga dari angsuran per bulan sebesar Rp 3.250.000, dengan periode kredit 5, dan harga rumah Rp 135.000.000. Pada kolom sel E5 ketikan rumus berikut =RATE(C5*12,-D5,B5)*12

fungsi rate  financial pada excel utnuk menentukan bunga kredit
Dari rumus tersebut hasilnya adalah sebagai berikut
contoh hasil funsi rate excel dalam menentukan prosentasi bunga kredit

Dari hasil di atas di dapat presentase bunga sebesar 16% untuk angsuran sebesar Rp Rp 3.250.000

Mari kita coba lagi memasukan data dengan harga rumah sebesar Rp 135.000.000, namun pada bagian periode kredit di isi dengan 8, dengan biaya angsuran per bulan sebesar Rp 3.000.000.

menghitung prosentase bunga kredit dengan fungsi rate excelUntuk menghitung bunga pada sel E6, kita bisa memanfaatkan fungsi autofill. Hasilnya sebagai berikut.

hasil perhitungan bunga kredit pembelian rumah menggunakan rumus fungsi rate excelDari hasil di atas di dapat presentase bunga sebesar 22% untuk angsuran sebesar Rp Rp 3.0500.000, dan periode kredit 8. Catatan : periode kredit adalah periode dimana banyaknya bulan yang di ambil pada saat melakukan kredit rumah.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *