Menghitung Bunga dengan Mudah Menggunakan Fungsi ACCRINT pada Excel

Mengelola buku keuangan akan semakin mudah dengan menggunakan fungsi ACCRINT pada Excel. Rumus ini sangat berguna untuk menghitung bunga akrual untuk komponen sekuritas yang membayar bunga secara berkala. Penerbitan buku keuangan dengan beberapa macam rekapan memang kadang-kadang sering menyulitkan untuk menghitung berapa besar bunga yang dihasilkan dari pembayaran secara berkala ini. Dengan menggunakan rumus ini maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan nilai bunga yang ada sehingga pembukuan keuangan bisa semakin praktis dan terlihat gamblang. Fungsi ini sering dipakai untuk menghitung bunga akrual. Kemudahan rumus yang ada pada Excel ini akan semakin cepat membuat pekerjaan Anda selesai.

Fungsi ACCRINT dan Kemudahan Pengaplikasiannya

Syntax untuk menuliskan fungsi ACCRINT adalah ACCRINT(issue, first_interest, settlement, rate, par, frequency, [basis], [calc_method]).

Fungsi ACCRINT

Pada bagian issue, Anda bisa mengisikan nilai tanggal penerbitan sekuritas. Sementara untuk bagian first_interest, Anda bisa memasukkan informasi mengenai tanggal pertama dari bunga sekuritas. Untuk informasi settlement berisi mengenai tanggal penyelesaian sekuritas. Selanjutnya adalah isian mengenai rate. Bagian ini diisi mengenai bunga kupon tahunan. Bagian par wajib diisi. Kolom ini akan menentukan nilai nominal sekuritas. Bila dikosongkan, secara otomatis rumus ini akan menggunakan nilai $1000. Untuk frequency, Anda bisa mengisi jumlah kupon pembayaran per tahun. Untuk isian basis, Anda bisa opsional melakukan pengisian di kolom ini untuk informasi mengenai basis perhitungan hari.

Formula ini cukup banyak membantu untuk menghitung suku bunga dalam pembukuan keuangan. Anda bisa mencoba melakukan pengisian ini supaya pengolahan data bisa berlangsung cepat. Fungsi ini juga banyak digunakan untuk perhitungan akutansi. Tentunya kemudahan dalam menggunakan rumus ini di Excel akan sangat membantu proses yang ada di dalamnya. Rumus ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa melakukan beberapa modifikasi dan pengaturan tambahan untuk menemukan rumus yang Anda inginkan. Dengan menambahkan rumus ini, maka Anda bisa menyelesaikan pembukuan keuangan secara cepat. Nilai bunga akan segera muncul dengan cepat. Pastikan Anda menggunakan fungsi ACCRINT ini dengan benar supaya hasil juga akurat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *