Menghitung Bunga Jatuh Tempo Melalui Fungsi ACCRINTM pada Excel

Salah satu formula rumus yang cukup berguna untuk menghitung bunga akrual adalah fungsi ACCRINTM pada Excel. Fungsi ini sebenarnya hampir mirip dengan fungsi ACCRINT. Yang membuatnya berbeda adalah fungsi ini akan menghitung bunga akrual untuk sekuritas pada jatuh tempo tertentu. Hasilnya akan menunjukkan seberapa banyak bunga akrual dalam masa periode tertentu. Ini tentunya akan semakin memberikan kemudahan dalam hal pembukuan keuangan dalam masa periode tertentu. Nilai suku bunga yang ada akan cepat dihasilkan dengan perhitungan yang tentunya cukup singkat dan praktis. Anda bisa menggunakan rumus ini untuk membantu mengelola pembukuan keuangan Anda dan menghitung suku bunga secara cepat.

Fungsi ACCRINTM

Cara Memasukkan Fungsi ACCRINTM

Penulisan formula untuk fungsi ACCRINTM adalah ACCRINTM(issue, settlement, rate, par, [basis]). Untuk bagian issue, ini merupakan kolom yang harus diisi sebagai tanggal penerbitan sekuritas. Sementara itu untuk settlement diisi sebagai informasi mengenai tanggal jatuh tempo sekuritas. Selanjutnya untuk rate adalah suku bunga kupon tahunan sekuritas. Untuk nilai par bisa Anda masukkan untuk nilai nomnal sekuritas. Bila bagian ini dikosongkan, rumus secara baku akan memberikan nilai masukan senilai $1000. Untuk basis bisa opsional diisi atau dikosongkan. Basis ini berisi informasi mengenai perhitungan hari yang akan digunakan. Yang perlu diingat selama mengisi tanggal pada rumus ini adalah Anda harus memasukkan tanggal menggunakan fungsi DATE. Memasukkan tanggal dalam bentuk teks bisa menjadi masalah tersendiri.

Itulah penjelasan singkat mengenai fungsi perhitungan bunga sekuritas pada masa jatuh tempo tertentu. Rumus ini cukup praktis untuk menghasilkan gambaran bunga pada pembukuan keuangan tahunan Anda. Selain itu, kemudahan rumus menjadi salah satu keuntungan tersendiri yang patut Anda coba. Anda bisa melihat beberapa contoh aplikasi dari rumus ini sebelum menerapkan pada laporan keuangan Anda. Kemudahan dalam melakukan perhitungan melalui Excel menjadi sebuah pilihan tersendiri yang bisa Anda coba. Fungsi ini akan sangat berguna dalam menghasilkan keluaran bunga. Anda juga bisa melihat rekapitulasi dari penayangan bunga tersebut sesuai dengan tenggang periode waktu yang ada. Selamat mencoba fungsi ACCRINTM ini dan semoga berhasil.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *