Menghitung Jumlah Hari secara Mudah Memakai Fungsi COUPDAYBS

Penghitungan jumlah hari sekarang semakin mudah melalui fungsi COUPDAYBS yang disediakan oleh Excel. Rumus ini akan menghitung jumlah hari dari awal periode kupon sampai tanggal penyelesaian. Tentunya ini akan sangat berguna untuk mengetahui berapa lama periode akuntansi telah berlangsung. Hasil yang akurat ini tentu akan menjadi dasar mengenai jumlah hari yang berlangsung. Anda bisa menerapkan rumus ini untuk hasil yang praktis dan tentunya efisien. Perhitungan menggunakan rumus semacam ini akan sangat berguna untuk menelaah pembukuan keuangan pada masa periode tertentu.

Fungsi COUPDAYBS

Anda bisa menggunakan rumus ini secara praktis dan mudah. Yang pasti, Anda tidak akan kesulitan lagi untuk menghitung berapa jumlah hari yang telah berlangsung.

Cara Menggunakan Fungsi COUPDAYBS

Untuk menggunakan fungsi COUPDAYBS, cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasukkan rumus COUPDAYBS((settlement, maturity, frequency, [basis]). Hal yang penting untuk diperhatikan adalah pada saat memasukkan isian tanggal, data harus diisi berdasarkan fungsi DATE. Isian data dalam bentuk tulisan akan menyebabkan kegagalan perhitungan tersendiri. Data mulai dimasukkan dari bagian settlement. Data settlement ini diisi informasi mengenai tanggal penyelesaian sekuritas. Tanggal ini merupakan tanggal pasca penerbitan setelah sekuritas dijual kepada pembeli. Selanjutnya, lakukan pengisian data pada maturity. Bagian ini berisi data mengenai tanggal jatuh tempo sekuritas. Tanggal ini merupakan tanggal dimana sekuritas sudah tidak berlaku lagi. Selanjutnya, lakukan pengisian pada bagian frequency. Bagian ini diisi data mengenai jumlah pembayaran kupon per tahun. Dan terakhir, data mengenai basis seperti biasanya opsional. Anda bisa membiarkannya kosong atau diisi sesuai dengan tipe basis perhitungan hari yang digunakan.

Itulah sekilas mengenai penggunaan rumus untuk menghitung jumlah hari dari awal periode kupon hingga tanggal penyelesaian. Rumus ini akan sangat berguna manakala Anda membutuhkan rincian mengenai jumlah hari dari awal penerbitan kupon sampai tanggal penyelesaian yang ada. Rumus ini bisa dengan efektif pula dimodifikasi supaya menghasilkan beberapa hasil yang akurat lainnya. Gunakan fungsi COUPDAYBS ini untuk membantu menemukan jumlah hari yang sudah berlangsung pada periode kupon tertentu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *