Menghitung Jumlah Hari sesuai Periode Memakai Fungsi COUPDAYS di Excel

Fungsi COUPDAYS

Kali ini kita akan membahas mengenai penggunaan fungsi COUPDAYS pada Excel. Anda mungkin pernah menemukan bahwa diperlukan cara praktis untuk mengetahui jumlah hari dalam periode kupon yang berisi tanggal penyelesaian. Melalui rumus ini, Anda bisa dengan mudah melakukannya. Fungsi ini cukup efektif dalam membantu melakukan perhitungan mengenai jumlah hari yang akan dilakukan ini tentunya diperlukan supaya Anda bisa dengan cepat menemukan jumlah hari yang dibutuhkan. Ada beberapa fungsi yang memiliki kemiripan formula menggunakan cara ini. Pada prinsipnya memang yang membedakan adalah jumlah hitungan yang akan dimulai. Anda bisa memakai rumus ini untuk sekaligus mengetahui kapan tanggal penyelesaian yang akan berlangsung.

Fungsi COUPDAYS dan Cara Pemakaiannya

Untuk memakai fungsi COUPDAYS ini, Anda bisa melakukan pengisian pada kolom dengan formula COUPDAYS(settlement, maturity, frequency, [basis]). Rumus ini tentunya familiar, yang membedakan hanya pada bagian utama dari rumus ini. Dimulai dari bagian settlement, bagian ini diisi mengenai data berupa tanggal penyelesaian sekuritas. Yang dimaksud dengan tanggal ini adalah tanggal setelah penerbitan ketika sekuritas telah dijual kepada pembeli. Selanjutnya lakukan pengisian pada bagian maturity. Data maturity ini berisi mengenai tanggal jatuh tempo sekuritas. Ini berarti tanggal tersebut adalah tanggal kadaluwarsa dari sekuritas. Selanjutnya, isikan bagian frequency menggunakan jumlah pembayaran kupon per tahun. Dan terakhir, untuk kolom basis bisa dikosongkan atau diisi sesuai dengan perhitungan hari yang ada. Selalu ingat untuk memasukkan tanggal dalam bentuk fungsi DATE. Memasukkan tanggal berupa teks bisa menyebabkan kegagalan perhitungan karena teks tidak terbaca sebagai data masukan.

Menghitung hari berikut mendapatkan tanggal penyelesaian dari periode kupon adalah hal yang sangat mudah menggunakan rumus ini. Pembukuan akan semakin cepat sehingga Anda bisa menyelesaikan pekerjaan lain. Pastikan Anda sudah melakukan masukkan data secara tepat sehingga Anda tidak kesulitan dalam mengelola tugas ini. Rumus ini bisa Anda gunakan sebagai solusi untuk menyelesaikan pembukuan dengan cepat. Anda juga bisa melakukan beberapa modifikasi supaya hasil bisa sesuai dengan apa yang diharapkan. Lihat saja beberapa contoh supaya Anda bisa semakin jelas dalam menerapkan rumus ini. Dengan fungsi COUPDAYS ini perhitungan hari akan semakin cepat dan akurat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *