Menghitung Korelasi Pendapatan dan Pengeluaran Keuangan Pada Excel

Korelasi biasanya dipakai untuk memeriksa hubungan antara data yang satu dengan data lainnya, misalnya memeriksa data keuangan antara pengeluaran dan pendapatan, apakah memiliki korelasi yang seimbang atau justru memiliki nilai korelasi yang kurang kuat atau menurun? Saya yakin anda sudah tahu rumus statistiknya untuk menghitung korelasi tersebut, Jika anda belum tahu maka perhatikan rumus statistik untuk menghitung korelasi dibawah ini.

Nilai korelasi itu berada diantara -1 sampai dengan 1. Jika nilainya positif maka bisa dikatakan kedua variabel tersebut mempunyai hubungan yang positif atau searah maksudnya kenaikan nilai variabel x juga akan diikuiti oleh kenaikan nilai variabel y begitu pula sebaliknya, namun jika nilainya negatif maka bisa dikatakan kedua variabel tersebut mempunyai hubungan yang negatif atau berlawanan arah maksudnya kenaikan nilai variabel x akan diikuti dengan penurunan nilai variabel y.

Adapun fungsi untuk menghitung korelasi variabel x dan y pada Microsoft Excel, yaitu fungsi CORREL dengan rumus =CORREL(array1, array2) dimana :

  • array1 = rentang sel yang berisi nilai variabel x
  • array2 = rentang sel yang berisi nilai variabel y

Untuk lebih jelasnya bagaimana menghitung korelasi yang diterapkan pada data keuangan antara pendapatan dan pengeluaran, bisa Anda simak ulasannya berikut ini.

Buat data keuangan sederhana seperti dibawah ini.

langkah 1 menghitung korelasi di excelDari data diatas akan dihitung nilai korelasi antara pendapatan dan pengeluaran selama periode 8 bulan (Januari – Agustus). Caranya letakan kursor pada cell D12, lalu ketikan rumus =CORREL(C3:C10,D3:D10), tekan enter. Maka hasilnya akan seperti berikut.

langkah 2 menghitung korelasi di excelMaka akan diperoleh nilai korelasinya sebesr 0,35. Hal ini menunjukan bahwa korelasi antara pendapatan dan pengeluaran keuangan tidak terlalu kuat. Karena jika dilihat dari data tabel diatas pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Sehingga dengan demikian, perlu untuk menekan angka pengeluaran agar dapat seimbang atau tidak jauh nilai korelasinya dengan pendapatan yang diperoleh selama bekerja atau selama menjual produk atau jasa. Selamat mencoba.

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *