Menghitung Tingkat Depresiasi Menggunakan Fungsi AMORLINC di Excel

Mirip-mirip dengan perhitungan depresiasi memakai fungsi AMORDEGRC, fungsi AMORLINC pada Excel juga memiliki fungsi perhitungan yang sama. Kedua rumus ini memang sering digunakan untuk menghitung tingkat depresiasi pada setiap periode akuntansi. Yang membedakan adalah, pada fungsi AMORDEGRC digunakan koefisien depresiasi tertentu sehingga hasilnya akan sesuai dengan koefisien yang diberikan. Sementara itu untuk perhitungan ini tidak menggunakan koefisien depresiasi tertentu. Formula diberikan untuk mengetahui langsung tingkat penurunan secara akurat. Ini tentu akan memudahkan Anda dalam melakukan pembukuan keuangan.

Fungsi AMORLINC

Yang jelas, proses yang mudah ini bisa Anda lakukan secara praktis menggunakan rumus ini. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai pemakaian fungsi ini.

Fungsi AMORLINC dan Cara Penggunaannya

Untuk menggunakan fungsi AMORLINC, Anda bisa memasukkan rumus dengan formula AMORLINC(cost, date_purchased, first_period, salvage, period, rate, [basis]). Pada bagian cost, diisikan mengenai jumlah biaya aset yang diperlukan. Kemudian untuk bagian date_purchased, Anda bisa mengisikan tanggal pembelian aset tersebut. Setelah selesai mengisikan tanggal pembelian, lanjutkan dengan mengisi salvage. Salvage ini berisi data mengenai nilai sisa di akhir umur pemakaian aset. Selanjutnya, isikan data untuk period. Period ini memiliki data berupa periode yang akan dihitung. Selanjutnya untuk bagian rate diisikan mengenai tingkat depresiasi. Dan terakhir untuk informasi mengenai basis, Anda bisa membiarkannya kosong atau mengisikan basis hitungan per tahun yang ada. Ingat, isikan kolom date menggunakan fungsi DATE supaya tidak terjadi kegagalan perhitungan depresiasi.

Demikianlah sekilas mengenai bagaimana penggunaan rumus depresiasi pada Excel ini. Pembukuan keuangan dengan data yang akurat memang diperlukan supaya Anda bisa mendapatkan gambaran angka yang cukup signifikan dengan hasil yang memuaskan. Gunakan rumus ini sebagai salah satu solusi untuk mengetahui tingkat depresiasi pada periode akuntansi tertentu. Anda bisa melakukan beberapa modifikasi untuk mendapatkan gambaran data yang lebih akurat. Tentunya ini memerlukan keahlian tersendiri. Pastikan data yang Anda masukkan sudah benar sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang akurat. Penggunaan fungsi AMORLINC akan sangat berguna untuk menyelesaikan pembukuan keuangan Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *