Mengkalkulasi Jumlah Periode dengan Fungsi NPER dalam Excel

Rumus excel lengkap – Fungsi NPER yang sering dipergunakan dalam Excel adalah sebuah fungsi yang bermanfaat untuk menghitung atau mengkalkulasi jumlah periode yang dibutuhkan untuk membayar sebuah pinjaman, dimana periode pembayaran serta tingkat bunganya tetap atau konstan. Fungsi ini merupakan salah satu fungsi keuangan dalam Excel yang sering dipergunakan bersama-sama dengan fungsi keuangan lainnya.

Sintaks untuk fungsi ini adalah:

NPER( rate, pmt, pv, [fv], [type] )

Sedangkan argumen-argumen untuk menjelaskan sintaks tersebut adalah sebagai berikut:

  • Rate. Rate adalah suku bunga untuk setiap periodenya
  • Pmt. Pmt adalah jumlah uang yang dibayarkan setiap periodenya
  • Pv. Pv adalah nilai atau jumlah total dari pinjaman tersebut. Nilai rate, pmt dan pv wajib ada dalam sintaks ini
  • Fv. Fv merupakan argumen opsional atau argumen yang tidak wajib dipergunakan dalam sintaks untuk fungsi ini. Fv sendiri merupakan nilai dari pinjaman tersebut dimasa yang akan datang. Bila nilai pada argumen ini tidak diisi, maka secara otomatis nilainya dianggap 0
  • Type. Type juga merupakan argumen opsional yang tidak wajib dipergunakan dalam sintaks ini. Type itu sendiri adalah informasi yang menunjukkan kapan pembayaran dilakukan apakah di awal periode (ditunjukkan dengan nilai 1) ataukah dilakukan di akhir periode (ditunjukkan dengan nilai 0). Bila nilai dari type tidak dimasukkan maka secara otomatis akan dianggap 0

Contoh Penggunaan Fungsi NPER dalam ExcelFungsi NPER

Dalam contoh penggunaan fungsi NPER berikut ini, nilai dari pembayaran yang merupakan pengeluaran dari sebuah pihak dinyatakan dalam nilai negatif, sementara bila pembayaran tersebut merupakan pemasukan dari sebuah pihak maka dinyatakan dalam nilai positif.

Bila sebuah pinjaman sebesar $50.000 dengan suku bunga sebesar 4% per tahunnya dan pembayaran dilakukan setiap bulan pada akhir bulan sebesar $1000, maka jumlah periode pembayaran yang dibutuhkan untuk membayar pinjaman tersebut bisa dihitung dengan menggunakan fungsi ini yaitu:

=NPER(4%/12, -1000, 50000) dan hasilnya adalah 54,78757726 bulan

Untuk sintaks ini, suku bunga pinjaman harus dibagi 12 terlebih dahulu untuk mendapatkan suku bunga perbulannya.

Cara penggunaan fungsi NPER ini sangatlah mudah untuk dipahami dan dapat dengan mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *