Perhitungan Rentang Hari dengan Fungsi COUPDAYSNC lewat Excel

Salah satu rumus Excel yang cukup berguna dalam perhitungan rentang hari adalah fungsi COUPDAYSNC yang bisa Anda terapkan dengan mudah di Excel. Rumus ini berfungsi untuk menghitung jumlah hari sejak tanggal penyelesaian sampai tanggal kupon berikutnya. Tentunya ini akan berguna untuk mendapatkan gambaran mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga tanggal penerbitan kupon selanjutnya. Proses perhitungan yang cepat dan praktis merupakan kelebihan menggunakan rumus ini. Anda bisa menggunakannya untuk membantu menyelesaikan pembukuan keuangan Anda.

Fungsi COUPDAYSNC

Rumus ini juga termasuk sering digunakan untuk mengetahui lama rentang waktu yang ada. Tentu saja Anda bisa menerapkannya juga dengan mudah. Simak cara penggunaannya berikut ini.

Perhitungan Mudah dengan Fungsi COUPDAYSNC

Untuk melakukan penghitungan melalui fungsi COUPDAYSNC ini, Anda perlu memasukkan sintaks COUPDAYSNC(settlement, maturity, frequency, [basis]). Anda tentu sudah sangat familiar dengan fungsi perhitungan hari semacam ini. Pada kolom settlement, Anda bisa isi dengan data mengenai tanggal penyelesaian sekuritas. Sama seperti fungsi perhitungan hari lainnya, tanggal penyelesaian ini merupakan tanggal setelah penerbitan sekuritas yang dibeli oleh pembeli. Selanjutnya untuk bagian maturity, Anda bisa lakukan pengisian data mengenai tanggal jatuh tempo sekuritas. Tanggal ini adalah tanggal dimana sekuritas sudah tidak berlaku lagi alias kadaluwarsa. Selanjutnya untuk frequency, Anda bisa memasukkan isian data mengenai jumlah pembayaran kupon per tahun. Untuk keterangan mengenai basis, Anda bisa membiarkannya kosong atau diisi sesuai basis perhitungan hari yang digunakan.

Jadi, itulah penggunaan dari fungsi perhitungan hari untuk menampilkan rentang waktu dari tanggal penyelesaian hingga tanggal penerbitan kupon selanjutnya. Fungsi ini cukup berguna untuk mengetahui rentang waktu yang ada. Anda bisa melakukan beberapa modifikasi pula untuk mendapatkan data yang lebih akurat. Pengisian data yang tepat akan memberikan Anda kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Hitungan ini tentunya sedikit rumit tapi akan semakin mudah dengan menggunakan fungsi excel ini. Pastikan Anda memasukkan data dengan baik dan sesuai dengan pengaturan yang ada. Terapkan fungsi COUPDAYSNC saat Anda membutuhkan informasi mengenai rentang hari yang ada dengan cepat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *