Rumus Depresiasi Mudah dengan Fungsi AMORDEGRC pada Excel

Perhitungan depresiasi pada periode akuntansi tertentu bisa dengan mudah dilakukan menggunakan fungsi AMORDEGRC pada Excel. Fungsi ini akan mengembalikan depresiasi untuk setiap periode akuntansi. Dasar penggunaan fungsi ini menggunakan sistem akuntansi Perancis. Kemudahan dalam perhitungan depresiasi tentunya sangat nyata menggunakan rumus ini. Anda cukup memasukkan beberapa masukkan data yang akan dihitung. Fungsi ini juga termasuk cukup berguna dalam memberikan gambaran penurunan angka yang ada.

Fungsi AMORDEGRC

Tentunya ini sangat tepat digunakan untuk membantu perhitungan keuangan Anda. Fungsi ini juga memiliki kelebihan tersendiri dimana data yang dihasilkan akan akurat. Ketelitian diperlukan pada saat melakukan input data supaya Anda bisa mendapatkan data yang sesuai. Simak tips untuk menggunakan fungsi ini berikut ini.

Fungsi AMORDEGRC Mudah dan Praktis

Untuk menggunakan fungsi AMORDEGRC pada Excel, formula yang digunakan adalah AMORDEGRC(cost, date_purchased, first_period, salvage, period, rate, [basis]). Pada bagian cost, data ini wajib diisi sebagai biaya aset yang diperlukan. Kemudian untuk date_purchased, Anda bisa melakukan pengisian tanggal pembelian aset. Selanjutnya untuk first_period bisa diisikan tanggal berakhirnya periode pertama. Selanjutnya untuk data mengenai salvage diisi tentang nilai sisa di akhir umur pemakaian aset. Untuk bagian period, data ini diisi sebagai periode dari data yang ada. Selanjutnya untuk rate diisikan sebagai tingkat depresiasi. Untuk bagian basis, ini bisa dibiarkan kosong atau diisi sebagai basis tahun yang digunakan. Anda bisa melakukan pengisian tanggal menggunakan fungsi DATE atau sebagai hasil dari fungsi lainnya. Hal ini untuk menghindari kegagalan proses perhitungan. Jangan isi menggunakan format tulisan.

Contoh aplikasi dari fungsi ini sebenarnya banyak. Anda bisa mencoba sendiri untuk melakukan perhitungan depresiasi perhitungan semacam ini. Tentunya cara ini akan membuat Anda semakin praktis dalam melakukan perhitungan pembukuan keuangan. Dengan cara ini pula Anda bisa mendapatkan tren mengenai penurunan yang ada secara lebih akurat. Selain itu, fungsi ini akan banyak membantu dalam menghasilkan informasi mengenai bagaimana kondisi keuangan yang ada dengan mudah. Anda juga bisa melakukan penyesuaian tersendiri pada fungsi AMORDEGRC ini supaya mendapatkan hasil sesuai dengan yang dikehendaki.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *