Rumus FV (Future Value) Excel untuk Fungsi finansial

Hallo, Apa kabar teman-teman? Semoga dalam keadaan baik. Pada pertemuan kali ini kita akan bersama-sama belajar menggunakan Microsoft Excel dengan menerapkan fungsi Finansial, sebelumnya kita sudah membahas fungsi Finansial rumus PMT. Sekarang kita akan belajar topik dengan fungsi yang sama namun dengan rumus yang berbeda. Ya, betul.. rumus Future Value (FV).

Apa itu FV? Future Value (FV) rumus excel yang digunakan untuk menghitung nilai investasi yang akan datang, berdasarkan tingkat suku bunga dan angsuran yang tetap selama periode tertentu. Berikut parameter pada rumus FV, yaitu :

  • Rate          :  Tingkat suku bunga pada periode tertentu.
  • Nper         :  Jumlah angsuran yang dilakukan
  • Pmt           :  Besar angsuran yang dibayarkan.
  • Pv             :  Nilai saat ini yang akan dihitung nilai akan datangnya.
  • Type         :  1, artinya pembayaran dilakukan diawal periode.

Contoh Kasus.

Budi menabung di Bank dengan setoran per bulan sebesar Rp 250.000,  ia merencanakan menabung selama 3 tahun dengan bunga yang telah ditentukan oleh Bank sebesar 5%. Berapakah jumah tabungan Budi 3 tahun kemudian?

Langkah pertama membuat tabel data perencanaan tabungan pada excel, seperti berikut.

rumus FV excel untuk fungsi finansial tabungan 1Setelah tabel perencanaan Tabungan dibuat, sekarang saatnya kita langsung eksekusi.

Isikan data setoran sebesar Rp 250.000 pada sel C4, jumlah suku bunga 5% pada sel C5, dan jangka waktu tabungan selama 3 tahun pada sel C6, seperti tampilan berikut.

penggunaan rumus FV excel untuk fungsi finansial tabunganUntuk mengetahui jumlah tabungan masa yang akan datang kita masukan rumus Future Value (FV) pada sel C8, caranya sebagai berikut.

a. Letakan kursor pada sel C8.

b. Pilih Tab  Formulas, pilih bagian Financial, klik pilihan FV.

langkah menggunakan rumus FV excel untuk menghitung tabunganc. Pada Function Arguments, isikan data berikut.

cara mengisi data rumus FV excel untuk fungsi finansial tabunganKeterangan :

Rate          :  C5/12 (suku bunga dibagi 12 bulan, karena angsuran 250.000 dilakukan perbulan)

Nper         :  C6*12 (karena angsuran dilakukan per bulan).

Pmt           :  C4 (Besar angsuran yang dibayarkan)

Pv             :  0

Type         :  0

Setelah Function Arguments di isi semua kemudian klik OK, lalu apa yang terjadi.. Mari kita lihat hasilnya sebagai berikut.

Contoh perhitungan tabungan dengan rumus FV fungsi finansial excelJadi jumlah tabungan Budi setelah 3 tahun kemudian adalah sebesar Rp 9.688.334

Kesimpulan.

penerapan fungsi finansial dengan memanfaatkan rumus Future Value (FV) ini sangat berguna untuk Anda yang ingin merencanakan suatu pengeluaran uang untuk masa yang akan datang, seperti persiapan untuk dana pendidikan, persiapan membeli rumah dan lain sabagainya. Dan pastinya fungsi Future Value (FV) ini mudah untuk dipelajari.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *