Fungsi Mode di Excel Lengkap dengan Contohnya

Fungsi Mode di Excel Lengkap dengan Contohnya – Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi yang tergabung dalam Microsoft Office yang diproduksi oleh perusahaan Microsoft Coorporation. Aplikasi Ms.Excel ini sering digunakan dalam pengolah angka (Aritmatika).

Aplikasi Microsoft Excel sangat membantu kita dalam memecahan permasalahan yang mudah bahkan hingga sangat rumit yang ada dalam bidang administratif terutama. Hal ini dikarenakan dengan banyaknya berbagai fitur didalamnya.

Microsoft Excel dikenal dengan menyediakan berbagai rumus maupun formula dalam lembar kerja. Penggunaan rumus ini sangatlah efektif yang akan memudahkan anda dalam membuat laporan pekerjaan kantoran nantinya dengan menggunakan ms.excel.

Setiap fungsi maupun formula yang terdapat didalam microsoft Excel ini memiliki fungsi yang berbeda-beda, tinggal menyesuaia kebutuhan dari para penggunannya nanti. Nah dalam aritmatika, tentu anda sudah mengenal dengan istilah mode atau modus ?

Ternyata rumus aritmatika ini juga tersedia dalam microsoft excel juga, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya untuk anda. tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja anda simak ulasannya dibawah ini.

Fungsi Mode atau yang lebih dikenal sebagai fungsi modus merupakan salah saatu rumus dalam Microsoft Excel yang biasa digunakan untuk mencari data nilai dalam suatu range yang sering muncul ataupun data yang niliainya paling banyak.

Mode atau modus ini biasa ditemukan dalam pelajaran matematika pada sekolah dasar, namun ternyata fungsi Mode ini juga biasa digunakan untuk mereka yang bekerja di perkantoran yang ada kaitanya dengan hitungan numerik.

Untuk sintaks dari fungsi Mode ini adalah Mode(number1,[angka2]..), yang memiiliki artian : Number 1 adalah argumen angka pertama yang ingin anda cari nilai modusnya.sementara untul angka 2, merupakan argumen angka 2 hingga 255 yang ingin anda hitung nilai modunya. Anda juga bisa menggunakan array tunggal maupun array referensi nanti daripada argumen yang nilainya dipisahkan oleh koma.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum mengerjakan fungsi Mode ini, diantaranya :

  • Argumen ini bisa berupa angka maupun nama, atau bisa juga referensi berupa angka
  • Apabila dalam sebuah array maupun referensi ini mencakup sebuah teks maupun sel kosong, maka nilai tersebut akan diabaikan oleh sistem, akan tetapi sel dengan nilai nol akan dimasukkan.
  • Apabila terjadi eror, kemungkinan ada salah satu data yang salah pada saat anda inputkan tadi

Setelah mengetahui beberapa poin penting yang harus anda pahami, kini untuk lebih jelasnya kita bisa langsung coba saja masuk kedalam contoh soal untuk menerapkan fungsi Mode pada Microsoft Excel ini.

Contoh Fungsi Mode pada Microsoft Excel

Langkah pertama, silahkan anda membuat sebuah tabel dengan beberapa angka didalamnya, seperti dibawah ini :

 

Mode 1

 

Untuk angka yang ada didalam kolom anda bisa mengisikan sesuai dengan keinginan anda, dan untuk jumlah barisnya pun juga sesuai dengan keinginan anda

Lalu pada bagian kolom Mode/Modus,silahkan anda masukan rumus berikut ini =MODE(A2:A13), lalu tekan enter, maka akan muncul hasilnya seperti dibawah ini :

 

 

 

 

 

Nilai diatas menunjukan, jika dari data yang ada, nilai yang sering muncul dalam data tersebut adalah angka 5.

Nah cukup mudah bukan ? silahkan anda ganti nilai disetiap kolom sesuai dengan keinginan anda, lalu masukan rumus tersebut didalamnya, maka hasilnya akan berbeda nanti.

Demikian ulasan dari kami tentang fungsi Mode pada Microsoft Excel, semoga artikel ini bermanfaat ya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *